PERLAHAN TAPI PASTI, PROGRAM NELAYAN BERDAYA TIGKATKAN EKONOMI NELAYAN DI DESA PELOSOK MALUKU UTARA

Dedeta, Maluku Utara (04/11). Melalui fasilitator Desa Berdaya, Rumah Zakat menggulirkan program pemberdayaan “Nelayan Berdaya” Desa Dedeta, kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara di untuk pengembangan peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal.

Perlahan namun pasti perjalanan yang luar biasa membangun program Perahu Nelayan Berdaya Di Desa Dedeta, kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara kini semakin berkembang. Walaupun harus menunggu lebih dari satu tahun, akhirnya penampung ikan pelosok bisa direalisasi.

“Berdirinya usaha ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi nelayan yang selama ini kesulitan menjual ikan hasil tangkapan” Ujar Siti Fasilitator Rumah Zakat

Kedepannya diharapkan penampung ini bisa terus mengakomodir keresahan para nelayan selama ini, yaitu membeli, membayar dan mendistribusikan ikan ke kota. Karena selama ini walaupun ikan melimpah, kebutuhan ikan di kota banyak, ada perahu tapi tidak ada “wadah” yang tepat untuk mengelola ikan-ikan tersebut.

“Biasanya ada penampung, tapi mereka dari luar kampung. Membeli ikan disini, bayarnya nanti setelah jual ke kota. Sedangkan keluarga di rumah sudah butuh makan. Sering juga ikan yang sudah dibeli dibawa lari”, curhat Mukaram Rakib, salah satu nelayan binaan Rumah Zakat

Dia adalah nelayan ulung yang menggantungkan hidupnya di laut. Sekarang selain menjadi nelayan, Mukaram juga dipercaya oleh Bummas (Badan Usaha Milik Masyarakat) Desa Berdaya untuk mengelola usaha penampung tersebut.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah dengan ikhlas membantu program kebaikan ini. Semoga Rumah Zakat dan seluruh donatur diberikan keberkahan hidup oleh Allah SWT. Aamiin” ujar Mukaram.

Newsroom

Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi