PERLUAS JANGKAUAN, RZ KEMBALI REKRUT 281 RELAWAN INSPIRASI SE-PULAU JAWA

YOGYAKARTA.PERLUAS JANGKAUAN, RZ KEMBALI REKRUT 281 RELAWAN INSPIRASI SE-PULAU JAWA (23/03) Dalam rangka memperluas jangkauan titik penyaluran program-prgram pemberdayaan RZ ke seluruh pelosok, RZ kembali merekrut 281 orang Relawan Inspirasi yang berasal dari seluruh Kabupaten & Kota di pulau Jawa. Wilayah tersebut meliputi Kabupaten & Kota yang ada di Propinsi Banten, Jawa Barat, DKI, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Sejak 21 Maret hingga 24 Maret, sejumlah Relawan Inspirasi dari DIY, Jateng dan Jatim berkumpul di Hotel Kana Kaliurang untuk mengikuti Training.

Kegiatan Training ini terdiri dari pengenalan program-program RZ, pemahaman konsep pemberdayaan dan bagaimana mengimplementasikan di masyarakat wilayah binaan mereka, hingga pelatihan dalam pembuatan dokumentasi & laporan. Training ini dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan wilayah geografis, dan kali ini merupakan training yang diadakan ke-12 sejak awal dilakukan rekruitmen Relawan Inspirasi.

Relawan Inspirasi adalah sebutan bagi tokoh pemberdaya lokal yang lolos mengikuti seleksi tes oleh tim RZ. Mereka berasal dari warga asli di Kabupaten/Kota untuk mengimplementasikan program-program di Desa binaan RZ yang merupakan juga wilayah asal/domisili para Relawan Inspirasi.

Program rekruitmen yang merata ini dilakukan dalam rangka memperluas cakupan penyaluran program RZ, karena selama ini Kantor RZ sebagian besar berada di kota besar atau kota satelit di masing-masing provinsi, sehingga belum mencakup seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa.

“Melalui Relawan Inspirasi, maka program-program RZ dapat lebih merata dan terpantau hasilnya karena ada Relawan Inspirasi yang berdomisili di wilayah tersebut. Mereka punya peran sebagai fasilitator program RZ, sekaligus juga memonitor pelaksanaan program di wilayah tersebut,” papar Deni Wahyudi dari ICD Management Division RZ.

Dengan semakin luasnya jangkauan program-program RZ, harapannya akan semakin luas pula kebermanfaatan yang dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia hingga pelosok negeri.***

Newsroom/Warnitis
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi