PERSIAPAN QURBAN ANDA: MERAWAT KAMBING AGAR BAHAGIA DAN SIAP DIQURBANKAN

PROBOLINGGO.

“Kambing yang bahagia akan jadi sehat, cepat pertumbuhannya, dan siap untuk diqurbankan,” terang Fuad Saefullah (30 th). “Biar kambing bahagia, kita harus merawat kandangnya dengan baik dan memberikan pakan secara teratur,” tambahnya.

Fuad adalah Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. Selain melakukan pemberdayaan masyarakat, Fuad juga menjadi pengurus kandang di peternakan yang menjadi pusat pelaksanaan proses Superqurban. Ayah dari dua anak ini tinggal cukup jauh dari peternakan, yaitu di Kecamatan Ketakwaan. Untuk mengunjungi peternakan, Fuad membutuhkan waktu sekitar satu jam dari rumahnya.

Setiap hari, Fuad bertugas membersihkan kandang dan memberikan pakan hewan-hewan ternak. Pakan yang diberikan harus berserat dan berkonsentrat. Pakan konsentrat yang diberikan biasanya merupakan campuran dari jagung, bekatun atau dedak padi, dan bubuk kalsium. “Tiga kali dalam sehari kita memberi pakan; pagi, siang dan sore. Kita juga membersihkan kandang setiap hari dan memberikan air untuk minum hewan ternak,” ungkap Fuad. “Kami bekerja sejak pukul tujuh pagi hingga empat sore. Biasanya setiap pekerja kandang bertugas mengurus satu area kandang yang berisikan 400 ekor kambing,” jelasnya.

Pembersihan kandang harus dilakukan setiap hari, karena kambing termasuk hewan yang sangat sensitif dengan kotoran. Jika kandangnya kotor, mereka akan stres dan sakit. “Kalau ada kambing yang sakit akan diberikan antibiotik dan pengobatan lainnya. Selain itu, kambing yang sakit akan ditempatkan di kandang isolasi agar tidak menularkan penyakitnya kepada yang lainnya,” terang Fuad.

Newsroom / Ria Arianti
Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi