PETANI BINAAN RUMAH ZAKAT GO INTERNASIONAL BERBAGI ILMU SAMPAI KE UZBEKISTAN

JAKARTA. Pak Karya salah satu petani binaan Rumah Zakat di Desa Mekarwangi, Lembang. Selama 3 tahun ini ia merupakan ketua Poktan Bangkit Mandiri yang diinisiasi dan dikembangkan melalui program Desa berdaya Rumah Zakat.

Hari ini, Rabu (15/08) Pak karya berangkat ke Uzbekistan untuk berbagi Ilmu dengan para petani Uzbekistan tentang budi daya Cabe yang merupakan komoditas unggulan di Poktan Bangkit Mandiri.

Dipilihnya Pak Karya merupakan hasil dari seleksi dari 100 Poktan yang ada di Kecamatan Lembang, pak Karya pun terpilih karena
dinilai sebagai petani yang ahli dalam budidaya cabe keriting, aktif dalam kegiatan yang diadakan dinas pertanian KBB, selalu mengikuti ajang bazar pertanian dengan membawa hasil dari pertaniaan di kelompoknya serta mampu mengordinir petani binaan untuk mengadakan pelatihan secara rutin.

Semua ini tidak terlepas dari bimbingan dan pembinaan yang diadakan oleh Rumah Zakat yang selama tiga tahun terus membersamai Kelompok Tani Bangkit Mandiri mulai dari pembinaan dan juga mengadakan program sekolah lapang petani.

Nantinya pak Karya akan mengunjungi 7 provinsi di Uzbekistan dan sharing ilmu budidaya tanaman cabai walaupun tanaman yang di Budi dayakan di Uzbekistan adalah tanaman cabe merah pahit yang di Indonesia masih agak jarang dibudidayakan.

Pak Karya bertolak ke Uzbekistan bersama Tim diantaranya Pak Abdul rahiim dari Balai Inseminasi Buatan (BIB), Pak Wahyu dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP), dan Bu Sri dari BPPT Lembang.

“Insya Allah, saya akan berada disana selama 2 bulan sampai bulan Oktober. Doakan semoga kami selamat sampai tujuan dan bisa kembali lagi ke tanah air dengan selamat dan membawa ilmu dan peluang untuk kemajuan Poktan Bangkit Mandiri dan Desa Mekarwangi” ujar Pak Karya.

Newsroom
Dewa / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi