PETANI BINAAN RUMAH ZAKAT KEMBALI PRODUKTIF UNTUK BERCOCOK TANAM

Petani binaan Rumah Zakat kembali bersemangat untuk bercocok tanam setelah sebelumnya lahan yang mereka gunakan tergenang banjir dan tidak bisa digunakan. (Foto: Rumah Zakat)

PALEMBANG, RUMAH ZAKAT – Petani penerima manfaat Rumah Zakat di Desa Talang Balai Baru II kembali bercocok tanam setelah sebelumnya melakukan penanaman cabai dan terong. Kali ini, jenis tanaman yang ditanam adalah jagung dan kacang, Jum’at (19/6).

Penanaman ini merupakan kali kedua. Akibat dari hujan deras yang mengguyur beberapa minggu lalu, lahan terendam air. Tanaman jagung dan kacang yang sudah ditanam sebelumnya terendam dan layu. Tetapi hal tersebut tidak menjadikan semangat para petani surut untuk menanam kembali tanaman yang belum tumbuh.

Setelah kebun surut dari air, petani Rumah Zakat kembali memiliki inisiatif membersihkan lahan dari tanaman yang tidak produktif lagi. Sebelum ditanam, lahan diberi pupuk kandang dimana pupuk kandang tersebut diperoleh dari kotoran ternak yang merupakan bagian dari “Program Bantuan Ekonomi “.

“Alhamdulillah ada pupuk kandang dari peternakan ini sangat menguntungkan kami, sebab harga pupuk buatan saat ini sedang mahal Rp.25000/kg, ya tinggal tanam, anggap saja tanaman terendam kemarin penyiraman gratis,” ucap Asmawati salah satu peternak.

Penggunaan pupuk kandang yang ramah lingkungan bisa menghasilkan tanaman yang relatif aman. Limbah pertaniannya pun dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak sehingga dapat bermanfaat juga bagi peternak binaan rumah zakat. Relawan Rumah Zakat berharap kerjasama ini ini dapat terus meningkatkan produksi pertanian, sehingga pertanian maupun peternakan di Desa Talang Balai Baru dapat maju bersama.

Newsroom

Kusnawan/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia