PGN KEMBALI LAUNCHING LAYANAN MOBIL SEHAT

JAKARTA. Di penghujung tahun 2010 ini, PT PGN (Persero) Tbk kembali melaunching empat Mobil Sehat PGN bekerjasama dengan Rumah Zakat. Dalam launching ini dilaksanakan penandatanganan program sinergi PKBL PGN dengan BUMN dan peluncuran program pelayanan kesehatan masyarakat melalui Mobil Sehat PGN. Acara tersebut dilaksanakan di Jalan Zainul Arifin 20 Jakarta Pusat. Bersamaan dengan acara tersebut, dilaksanakan pula pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk masyarakat disekitar kantor PGN, Senin (27/12).

M Riza Pahlevi Tabrani, Dirut Keuangan PT PGN (Persero) Tbk menyatakan, kerjasama layanan mobil sehat dengan Rumah Zakat ini bukan yang pertamakalinya, sebelumnya PT PGN sudah launching dua mobil sehat PGN. “Mudah-mudahan empat Mobil Sehat PGN ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Riza, program layanan mobil sehat Ini merupakan bagian dari komitmen PGN dalam mengembangkan taraf hidup masyarakat. “Beberapa waktu lalu kami berbicara dengan stakeholder di daerah. Kami mendapatkan fakta bahwa sangat banyak fasilitas kesehatan yang kurang memadai dan lokasi-lokasi yang kurang terjangkau. Oleh sebab itu, kami launching kembali program ini,” jelas Riza. “Mudah-mudahan program Mobil Sehat bisa terus dikembangkan, kalau perlu PGN akan menambah Mobil Sehat untuk mencapai lokasi-lokasi yang sulit dicapai dengan proses program kesehatan secara reguler,” tambahnya.

Enik Indriastuti, Kepala Divisi Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan PT PGN (Persero) Tbk menambahkan, “program ini merupakan bagian dari program tanggung jawab bina lingkungan dan saat ini PGN mempunyai kebutuhan program dibidang kesehatan”. Menurutnya, program Mobil Sehat PGN juga dilatarbelakangi oleh kerja sama PGN dengan Rumah Zakat sebelumnya. Kebutuhan masyarakat di wilayah operasi sangat tinggi. “Berdasarkan data, warga masyarakat yang ingin Puskesmas itu sangat jauh, sekira 20 km, parahnya, tidak ada kendaraan umum yang langsung ke sana. Akhirnya program kerja sama ini kami lanjutkan kembali dengan Rumah Zakat,” tambahnya.

Layanan empat Mobil Sehat PGN akan beroperasi di SBU Transmisi Jawa, Sumatera Selatan, Lampung, Palembang dan sekitarnya dengan target penerima manfaat sebanyak 4.500 pasien tiap tahun. Mobil Sehat PGN akan melayani masyarakat dalam bentuk pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak serta penyuluhan kesehatan. “Kami punya stasiun di sana, sehingga Mobil Sehat PGN nantinya bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Enik. Sebelumnya PT PGN (Persero) Tbk sudah bekerjasama dengan Rumah Zakat dalam program siaga bencana, nikah massal dan layanan mobil sehat. Dua mobil sehat sebelumnya beroperasi di SBU I di Jakarta dan SBU III di Medan. “Alhamdulillah, kerja sama ini berjalan dengan baik,” ungkap Enik.

Yanti (30) Warga Pembangunan I Dalam, Jakarta Pusat, yang datang dalam pengobatan gratis PGN mengatakan bahwa program layanan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar PGN sangat bermanfaat. “Alhamdulillah dengan program ini saya bisa berobat gratis,” ujarnya.***
Newsroom/Sucipto
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi