PONDOK BACA SANG JUARA ADAKAN SOSIALISASI GEMAR BACA BAGI SISWA-SISWI MI RAISUL ANWAR

PROBOLINGGO. Menumbuhkan minat baca bagi masyarakat khususnya pelajar adalah hal yang tidak mudah saat ini. Ditengah semakin pesatnya pertumbuhan teknologi dan komunikasi, pelajar sekarang lebih suka main game dengan smartphone daripada menambah pengetahuan dengan membaca buku. Untuk itu perlu adanya program yang masif dan langsung menyentuh pribadi mereka agar budaya baca buku bisa berjaya kembali.

Untuk itulah, pada Sabtu (5/8) Fasilitator Rumah Zakat bersama pengurus pondok baca Sang Juara Desa Berdaya Kedungrejoso mengadakan sosialisasi program gerakan ‘baca buku 1 minggu 1 buku’ kepada siswa-siswi MI. Raisul Anwar Desa Kedungrejoso, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

MI Raisul Anwar adalah sekolah tingkat dasar dengan murid terbanyak(215 siswa)mengalahkan jumlah  siswa 2 SD yang juga ada di desa Kedungrejoso. Bertempat diruang laboratorium madrasah, kegiatan sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Syarifuddin, Fasilitator Rumah Zakat ini terbagi menjadi menjadi 3 sesi berdasarkan tingkat kelasnya.

“Program gerakan baca buku 1 minggu 1 buku adalah program khusus buat siswa tingkat dasar dengan mewajibkan semua siswa (kelas 4-6)untuk membaca buku minimal 1 buku dalam 1 minggu dengan meminjam bukunya di Pondok Baca Sang Juara., program inipun bekerja sama dengan guru walikelas untuk memeriksa bacaan siswa” Ungkap Syarifuddin.

Syarifuddin berharap dengan program ini, selain meningkatkan minat baca siswa diharapkan juga dapat meningkatkan prestasi akademik & non akademik siswa karena semakin beragam pengetahuan yang didapat siswa dari kegiatan membaca.

“Kerjasama program baca dengan pondok baca ini akan sangat membantu kami dalam mendidik anak-anak, kami akui memang minat baca anak-anak sekarang sangat rendah,ini berdampak besar pada nilai akademik mereka. Terima kasih pada Rumah Zakat dengan pondok Baca Sang Juaranya yang sudah berupaya membantu kemajuan pendidikan disini dengan gerakan gemar baca bagi anak-anak” pungkas P. Ahsan Jamil, kepala MI Raisul Anwar setelah acara sosialisasi selesai.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah  

Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi