POSKO BENCANA BANJIR BANDANG DI PADANG

PADANG. Banjir bandang melanda kota padang akibat guyuran hujan lebat Selasa (24/7). Sedikitnya 1.200 jiwa mengungsi ke beberapa tenda yang telah disiapkan oleh BPBD, sejumlah rumah warga, mushalla, dan jembatan rusak akibat terjangan derasnya air bandang. Banjir disinyalir akibat meluapnya aliran sungai batang kuranji dan sungai lubuk kilangan karena hujan yang sangat lebat. Dari laporan tim Relawan Siaga Nusantara, daerah terparah akibat banjir ini adalah Kecamatan Nanggalo dan Kecamatan Pauh.

“Dua daerah ini terkena imbas yang cukup parah dibanding lainya, setelah di analisis maka tim kita menetapkan untuk mendirikan posko bantuan Rumah Zakat, Rabu sore (25/7) di Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo ini. Tapi kedepannya kita akan coba terus menelusuri daerah-daerah lain yang masih terisolir lainnya,” ujar Operating Head Rumah Zakat  cabang Padang, Widariati.

Rumah Zakat meluncurkan tim Relawan Siaga Nusantara nya dengan membawa 2 set tenda pleton, yang akan digunakan untuk tenda pengungsian dan satu lagi digunakan sebagai tenda dapur umum, selain itu juga membawa alat – alat dapur umum dan bahan – bahan logistik makanan yang akan disiapkan tim untuk sahur dan buka puasa bagi warga yang terkena banjir, karena kondisi di lapangan, seluruh harta benda, termasuk alat – alat masak warga turut hanyut diterjang banjir. sebanyak 400 paket Berbagi Buka Puasa (BBP) telah disalurkan kelokasi bencana untuk Rabu sore (25/7), selain itu juga disebar sebanyak 500 kaleng SuperQurban, pakaian layak pakai serta 50 paket Bingkisan Keluarga Jompo dan Pra Sejahtera ( BKJPS ).

Posko Rumah Zakat akan berdiri beberapa hari di lokasi ini, dengan penambahan item bantuan yang terus akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan warga korban banjir.”Setidak nya bantuan sementara ini dapat membantu warga korban banjir, InsyaAllah besok kita akan menambah personil tim yang akan turun untuk turut membersihkan rumah warga dan lingkungan dengan membawa alat-alat kebersihan yang memadai,  selain dari tim kita yang telah ditugaskan di Dapur Umum untuk terus menyiapkan makanan bagi warga disetiap sahur dan berbuka,” ujar ICD Head Rumah Zakat cabang Padang, Aperta Rajif.

Dilokasi posko Rumah Zakat, juga dihadiri oleh Wakil Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, SP. Ia  merespon positif aktifitas Rumah Zakat dalam tanggap bencana, “Saya sangat merespon positif aktifitas Rumah Zakat ini, menurut saya Rumah Zakat telah mencontohkan sebagai Lembaga Zakat yang Profesional yang benar – benar bekerja untuk masyarakat yang memang membutuhkan, kedepan semoga para donatur dapat terus bersinergi bersama Rumah Zakat sehingga semakin banyak yang dapat kita berikan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan di kota Padang,” tutur  Wakil Walikota Padang ini.

Selain itu Jumat (27/7) ini, tim Rumah Zakat akan mengirimkan bantuan tim medis beserta obat-obatan sebagai support bagi tim medis dari puskesmas setempat yang sejak hari pertama kejadian telah tiba dilokasi dan mulai kehabisan stok obat -obatan. ***

Newsroom/Tasvo Andre Saputra
Padang

Tags :
Konfirmasi Donasi