POSKO HANGAT UNTUK PENGUNGSI BANJIR KARAWANG

ikruyokKARAWANG. Hujan deras yang terjadi selama 3 hari sejak Jum’at (11/11) mengakibatkan sungai Citarung meluap dan merendam beberapa lokasi di Karawang, salah satunya di Rt. 06 Rw. 08 Kelurahan Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat. Di sana ada 430 warga yang terdampak banjir dan mengungsi, dimana 80 diantaranya adalah anak-anak usia balita.

Sungai Citarung mulai meluap dan membanjiri Kelurahan Tanjung Mekar pada hari Minggu (13/11) dengan ketinggian air mencapai  50 cm. Di hari itu warga masih bertahan di rumah masing-masing hingga sore, karena berharap banjir akan segera surut. Namun hingga maghrib, air tidak juga surut dan warga mulai berbondong-bondong mengungsi ke lokasi yang aman. Pada hari Senin (14/11) pukul 03.00 WIB, air tiba-tiba naik dengan cepat hingga ketinggian 2,3 meter. Akibatnya, seluruh rumah di wilayah kelurahan Tanjung Mekar pun terendam hingga mencapai atap.

Saat ini banjir sudah mulai surut, tapi di beberapa titik di Kelurahan Tanjung Mekar air masih tinggi mencapai 1,6 meter, sehingga warga masih bertahan di pengungsian.

Sebanyak 700 jiwa mengungsi di GOR, di mushala dan ada juga yang membuat tenda-tenda darurat menggunakan terpal di pinggir-pinggir jalan. Kebutuhan urgent para pengungsi saat ini adalah pempers bayi, makanan siap saji, bahan makanan untuk dapur umum, air bersih, obat-obatan dan tim medis.

Kemarin siang (14/11), 5 Relawan RZ telah berangkat menuju lokasi banjir untuk membantu proses evakuasi, sebab masih banyak warga yang terjebak di rumahnya. Relawan RZ membawa perlengkapan evakuasi seperti perahu karet, helm, pelampung, sepatu boot dan dayung.
“Pagi ini (15/11), kami kembali melanjutkan proses evakuasi. Insya Allah personil relawan tambahan dari Cikarang akan datang untuk membantu proses evakuasi dan aksi bencana lainnya di sini,” ungkap Sandy, Relawan RZ.

Selain membantu evakuasi, Relawan RZ juga membuka Posko Hangat di Mushola Nurul Hidayah Rt. 06 Rw. 08 Kelurahan Tanjung Mekar yang sekaligus juga menjadi posko pengungsi.  Posko hangat melayani kebutuhan air dan minuman hangat untuk para pengungsi. Tak hanya itu, Relawan pun membawa 1000 kornet Superqurban untuk bahan makanan di dapur umum.

Newsroom/Sandy
Karawang

Tags :
Konfirmasi Donasi