POSYANDU KAMBING, CARA KELOMPOK TANI PERSIAPKAN KAMBING SEHAT UNTUK DIJUAL

Jelang Idul Adha, Kelompok Tani Ternak Mindajaya adakan program Posyandu Kambing untuk memastikan kesiapan kambing sebelum dijual (Foto: Rumah Zakat)

BANYUMAS, RUMAH ZAKAT – Mendekati hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah, kegiatan kelompok Tani Ternak Mindajaya Desa Glempang Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas semakin padat salah satunya yaitu Posyandu Kambing. Adapun Kegiatan Posyandu Kambing ini meliputi pemberian obat cacing setiap 1,5 bulan sekali, mengukur lingkar dada, panjang badan, bobot badan dan cek kesehatan lainnya. Selain itu, posyandu juga biasa mengundang mantri dari dinas kesehatan untuk mengobati ternak yang sakit.

Kelompok Tani Ternak Mindajaya binaan Rumah Zakat memulai usaha ternaknya sejak 2018, dengan program penggemukan kambing/domba, dari 5 ekor kambing/domba sekarang tahun 2020 sudah bisa menggemukan 50 ekor kambing/domba. Kelompok yang beranggotakan 5 penerima manfaat ini akhir tahun 2019 menjual kelima ekor kambingnya dan untuk membangun kandang koloni/klaster.

“Alhamdulillah sejak awal Januari 2020 ada yang nitip modal sistem paron bathi (sharing margin) melalui mas Achri selaku relawan Rumah Zakat sehingga kami berlima bisa memelihara 50 ekor kambing/domba untuk dijual menjelang idul Adha,semoga bisa menambah penghasilan,” tutur Darum, Selasa (22/6).

Selain menjual hewan kurban, kelompok tani ini juga menjual pupuk kandang senilai lima ribu rupiah per karung yang dimanfaatkan oleh petani sayur di Desa Glempang.

Selain itu, kelompok tani juga berharap akan keberlangsungan program ini, bahkan pasca Idul Adha akan direncanakan program penggemukan untuk stok akhir tahun atau tahun baru 2021.

Newsroom

Aris Bandiantoro/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia