POSYANDU LANGGENG IKUTI LOMBA TINGKAT NASIONAL

RZ_posyandu langgeng2KEDIRI. Dalam rangka lomba Kota Sehat tingkat Nasional. Posyandu Lansia Langgeng Kelurahan Dandangan mendapat kesempatan menjadi bagian dari penilaian lomba Kota Sehat tingkat Nasional, Kamis (5/9). Tim penilai dari Ditjen PP & PL, Kemenkes RI yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr. Fauzan Adima meninjau langsung posyandu tersebut.

Ada beberapa item penilaian seperti administrasi, pelayanan, kelengkapan sarana-prasarana, inovasi, keterlibatan, dan kemandirian masyarakat. Setibanya di lokasi, tim penilai langsung mengamati semua meja pelayanan di posyandu secara seksama, yang dibarengi dengan interview dengan Ketua Posyandu Lansia Langgeng.

Ketua tim penilai mengatakan tujuan peninjauan ini adalah ingin melihat langsung aktifitas kegiatan posyandu serta verifikasi data yang sudah dikirim ke tim penilai. “Tujuan utama lomba bukan semata-mata demi juara dan penghargaan. Akan tetapi, yang lebih penting keberadaan posyandu manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Ketua Tim Penilai Kota Sehat.

Posyandu yang telah dibina oleh RZ sejak April 2013 ini, mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya, kunjungan rumah bagi peserta yang berhalangan hadir karena faktor kesehatan, pelayanan cek kesehatan oleh kader, menggunakan sistem 5 meja, pelayanan prima, terdapat tempat cuci tangan, mempunyai koleksi album foto, persentase kehadiran peserta yang besar dan tertib administrasi.

Setelah dirasa cukup menilai, tim penilai memberikan masukan terkait kekurangan-kekurangan yang ada. Kader dan pamong berharap posyandu yang memiliki slogan Hari Tua yang Sehat, Mandiri, dan Bahagia menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat dan menjadi kebanggan masyarakat Kelurahan Dandangan.***

Newsroom/Derajat Prasojo
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi