POTENSI AYAM KAMPUNG DI DESA BERDAYA CIDADAP

SUKABUMI. (27/08) Sebagai desa pendukung ibukota Kabupaten Sukabumi, Desa Cidadap memiliki berbagai potensi alam. Salah satu potensi yang juga menjadi penghasilan utama warga Desa Cidadap adalah potensi pertanian padi sawah dan salah satu hasil sampingan dari pengolahan padi adalah bekatul. Potensi bekatul di Desa Cidadap sangat melimpah seiring dengan melimpahnya produksi padi.

Hal ini menjadi alasan bagi warga desa Cidadap untuk memelihara unggas. Ayam kampung merupakan salah satu unggas lokal yang banyak dipelihara warga. Akan tetapi potensi tersebut belum dapat dioptimalkan. Warga masih menganggap ternak ayam kampung hanya memanfaatkan bekatul yang ada. Rumah zakat hadir di desa Cidadap tepatnya di Kp. Simpenan untuk memberikan motivasi dan gambaran potensi usaha ternak ayam kampung.

Semenjak Mei 2018 Rumah zakat hadir mendampingi warga di Kp. Simpenan Desa Cidadap Kec. Simpenan. Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka memberdayakan warga. Mulai dari pelatihan budidaya ayam kampung, motivasi usaha ternak ayam kampung sampai bantuan bibit ayam kampung dan bantuan pakan.

Tanggal 23 Juli lalu Rumah Zakat memberikan bantuan bibit ayam kampung berupa 2 Ayam Jantan dan 20 Ayam Betina ditambah 800 DOC juga bantuan pakan. Para penerima manfaat yang merupakan warga kurang mampu ini sangat bahagia dan berterima kasih kepada Rumah Zakat.

“Mudah mudahan program ini bisa berjalan dengan baik, dan 2 bulan kedepan tepatnya dibulan oktober bibit ayam kampung yang diberikan ini bisa mulai dipanen” ujar Pak Iyus panggilan akrab pak Yusuf.

Newsroom
Yanta / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi