PROGRAM MUTABAAH SISWA LAHIRKAN GENERASI CERDAS YANG SHOLEH

JAKARTA. SD Juara Cakung mengadakan program Mutaba’ah Siswa atau evaluasi amalan ibadah harian siswa, Kamis (25/11). Hasilnya sangat mencengakan, para siswa sangat rajin melakukan amalan harian yang dievaluasi. Amalan harian yang dievaluasi atau yang dimutaba’ah adalah sholat barjamaah, sholat sunnah rawatib, tahfidz Al-quran atau hafalan Al-quran, tilawah Al-quran atau membaca Al-quran, qiyamullail atau sholat malam, dan mengulang pelajaran.

Evaluasi amalan harian ini muncul sebagai suplemen untuk mewujudkan visi SD Juara Cakung yaitu membentuk generasi beriman, cerdas, mandiri, dan berkualitas. Selain itu, program ini juga sebagai salah satu cara untuk melibatkan orang tua siswa agar turut aktif menyukseskan pencapaian visi SD Juara Cakung. Ketika program ini digulirkan oleh SD Juara Rumah Zakat orang tua siswa menyambut dengan sangat antusias dan respon yang sangat positif.

Program ini dinamai “Mutaba’ah Siswa”, konsepnya tertulis dalam buku Panduan Mutaba’ah Siswa sebagai alat kontrol kegiatan siswa di rumah. Buku panduan ini berisi kegiatan yang harus dilaksanakan siswa setiap hari. Buku panduan ini harus ditandatangani oleh orang tua siswa setiap hari. Wali kelas akan menindaklanjuti hasil Mutaba’ah Siswa dengan reward bagi siswa.

Salah satu orang tua berkata, “buku panduan mutaba’ah ini sangat efektif dalam mengontrol aktivitas anak kami di rumah seperti sholat lima waktu mereka tidak pernah tertinggal”. Ada juga orang tua murid yang anaknya minta dibangunkan untuk melaksanakan qiyamullail. Para siswa lebih rajin mengaji dan belajar di rumah dan merasa rugi bila tidak melaksanakan kegiatan yang ada pada mutaba’ah tersebut. Program Ini adalah salah satu upaya mewujudkan generasi cedas yang sholeh.***

Newsroom/Much Ishaq
Jakarta Timur

Tags :
Konfirmasi Donasi