PROGRAM PETANI BERDAYA BANTU PETANI DESA SUKAMELANG BERTANI SINGKONG

SUBANG. (20/09) Sejak Mei 2018 Rumah Zakat melakukan pemberdayaan terhadap petani di Desa Berdaya Sukamelang, Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang melalui program petani berdaya. Pada bulan September ini melalui Fasilitator Desa Berdaya Ateng Supriadi, program petani berdaya fokus pada para petani singkong dengan membuka lahan untuk menanam singkong.

Pembukaan lahan dan pengolahan lahan dilakukan pada 14 -15 September lalu di areal pasir jati kp Gunung Bubut Desa sukamelang milik salah satu petani binaan Rumah Zakat, nantinya setelah lahan siap, lahan akan langsung ditanami bibit singkong kuning yang memiliki potensi besar di pasar.

“Di daerah kami jenis singkong kuning ini semakin langka, sementara permintaan pasar hususnya tape yang paling bagus kualitasnya itu dari singkong jenis ini, dengan terobosan program rumah zakat ini mudah mudahan bahan baku singkong mantega menjadi prioritas untuk bahan baku tape di daerah desber sukamelang ini khususnya” ujar Ateng Supriadi.

Dalam program petani berdaya ini, para petani binaan mendapatkan bantuan pupuk, bibit singkong, bantuan biaya pengolahan lahan serta pelatihan dan pembinaan dalam mengelola pertanina. Adapun petani binaan Rumah Zakat dalam program ini adalah Ma’mur, Bana, Ukin, Uhman dan Cucu.

“Alhamdulillah dengan mendapatkan bantuan dari Rumah Zakat bisa lebih produktif lagi bertani, yang paling utama dalam bantuan ini selain bibit tapi suport akan pupuknya juga karena pupuk dalam bertanam merupakan kebutuhan vital demi perkembangan tanaman itu sendiri” ujat Ma’mur, salah satu petani binaan Rumah Zakat.

Newsroom
Yanta / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi