PROMOSI KESEHATAN DI SEKOLAH MELALUI PROGRAM UKS

RZ LDKO CilegonBANDUNG. (31/10). Promosi kesehatan di sekolah merupakan upaya yang strategis dalam peningkatan kesehatan masyarakat, promosi kesehatan melalui komunitas sekolah ternyata paling efektif diantara upaya kesehatan masyarakat yang lain, khususnya dalam pengembangan perilaku hidup sehat.

Anak sekolah merupakan kelompok yang sangat potensial untuk menerima perubahan atau pembaruan. Pada taraf ini, anak dalam kondisi peka terhadap stimulasi sehingga mudah dibimbing, diarahkan dan ditanamkan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat. Pendekatan pembelajaran sebaya (peer education) dapat dilakukan melalui metode pelatihan dan juga diharapkan terbinanya kelompok-kelompok motivator. Melalui pendidikan sebaya kaum muda, dapat mengembangkan pesan maupun memilih media yang lebih tepat sehingga informasi yang diterima dapat dimengerti oleh sesama mereka.

Cita Sehat Foundation sebagai salah satu mitra penyalur RZ melaksanakan pembinaan bagi remaja di SMP Juara Bandung dengan metode pembelajaran teman sebaya. Sebanyak 24 orang siswa yang merupakan perwakilan 2 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan, perwakilan dari setiap kelasnya. Mereka akan menjadi motivator dan fasilitator bagi teman-teman sekelasnya. Dalam kesempatan itu, tim CSF mengambil tema “Pergaulan Bebas dan Infeksi Menular Seksual”.

“Setelah dirinya diberikan pembekalan, saya lebih bisa berhati-hati dalam bergaul dan terhindar dari bahaya infeksi seksual,” ungkap Sofiah siswa kelas 8. Setelah mendapat pembekalan setiap siswa berlatih dalam kelompok kecil. Siswa diberi waktu 2 minggu untuk mengedukasi teman-teman sekelasnya, dan akan ada lagi pertemuan evaluasi, yang rencananya dilakukan di salah satu taman Kota Bandung.***

Newsroom/Cita Sehat Foundation
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi