QIROATI, METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD JUARA CILEGON

QIROATI, METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SD JUARA CILEGONCILEGON. Membentuk generasi Qur’ani merupakan cita-cita yang hendak diwujudkan oleh SD Juara binaan RZ, demikian pula dengan SD Juara Cilegon. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, para murid SD Juara Cilegon diarahkan untuk mencintai Al-Qur’an, salah satunya dengan memperbagus bacaan dengan metode qiroati.

Pada hari Senin (07/03) Siswa-Siswi kelas 1 SD Juara Cilegon sedang mengikuti pembelajaran qiroati. Qiroati merupakan metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang digunakan di SD Juara Cilegon.

Dalam pembelajaran qiroati, siswa belajar membaca Al-Qur’an (mengaji), menulis bacaan Al-Qur’an, dan menghapal Al-Qur’an(tahfidz). Dalam metode membaca Al-Qur’an ini dibagi menjadi 6 jilid. Dimana setiap akan kenaikan jilid, siswa harus mengikuti ujian terlebih dahulu.

Untuk metode menulisnya, disini siswa belajar mulai dari menuliskan huruf hijaiyah, sampai merangkai atau menyambungkan huruf-huruf hijaiyah tersebut. Sedangkan untuk metode menghapal Al-Qur’an, dilakukan setiap seminggu sekali, siswa harus setoran hapalan kepada guru qiroati.

“Setiap seminggu sekali, siswa harus setoran hapalan. Karena memang sesuai dengan program di SD Juara Cilegon, bahwa setiap siswa minimal harus hapal juz ke-30,” ungkap Yani Herdiani selaku guru qiroati di SD Juara Cilegon.***

Newsroom/Yani Herdiani
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi