RELAWAN INSPIRASI KENDAL AJAK ANAK JUARA ISI LIBURAN DENGAN PELATIHAN P3K

RELAWAN INSPIRASI KENDAL AJAK ANAK JUARA ISI LIBURAN DENGAN PELATIHAN P3KKENDAL. (31/12). Tanggal 27/12 kemarin Relawan Inspirasi ICD Kebonharjo mengadakan pelatihan P3K sederhana. Pelatihan P3 K merupakan pelatihan Penanganan Pertama pada kecelakaan. Pelatihan ini diadakan dalam ranga mengantisipasi penanganan kecelakaan dini sebelum mendapat penanganan medis lebih lanjut. Menurut Siti Munawaroh selaku Relawan Inspirasi menuturkan, pelatihan ini diadakan untuk memberi ketrampilan kepada peserta mengenai penanganan luka sederhana.

“kecelakaan bias terjadi dimana saja. Diharapkan dengan pelatihan ini, pesert a bias melakukan penanganan dini sebelum dilakukan tindakan medis,tambah Siti Munawaroh. Pelatihan ini diikuti leh remaja putri para penerima beasiswa ceria. Dari 13 anak, ada 7 anak yang hadir. Para peserta pelatiihan ini sengaja diambil dari peserta beasiswa putri karena mereka sedanfg liburan sekolah. “Kami manfaatkan masa liburan untuk kegiatan positif, untuk mengisi waktu luang.

Dalam pelatihan P3K tersebut para peserta dikenalkan dengan alat-alat penanganan luka sederhana dan ada di sekitar kita. Hal yang perlu dilakukan pertama kali penanganan luka pada kecelakaan adalah mengidentifikasi jenis luka. Selanjutnya baru melakukan tindakan,jelas Aeni instruktur. Selain itu Aeni juga menjelaskan beberapa penanganan luka yang salah di masyarakat.. seperti luka bakar.

Dimasyarakat sudah berlaku umum bahwa luka bakar diolesi pasta gigi. Padahal itu penanganan yang salah karena didalam pasta gigi terdapat zat kimia yang malah memperparah luka.untuk luka bakar apabila tidak terlalu parah, cukup disiram dengan air bersih.

Para peserta antusias mengikuti pelatihan ini. Seperti yang dituturkan Lilis Mukaromah, dengan pelatihan ini sangat bermanfaat. “tambah ilmu dan yang pasti lagi tidak bingung kalau ada yang kena kecelakaan” tutur Lillis.***

Newsroom/Rico A Yuza
Kendal

Tags :
Konfirmasi Donasi