RELAWAN INSPIRASI RZ BERSAMA MASYARAKAT TERNAK NUSANTARA BERDAYAKAN PETERNAK CILACAP

RELAWAN INSPIRASI RZ BERSAMA MASYARAKAT TERNAK NUSANTARA BERDAYAKAN PETERNAK CILACAPCILACAP. Program Pemberdayaan Ternak Kelinci Konsumsi kerja sama Masyarakat Ternak Nusantara (MTN) dan RZ di Integrated Community Development Desa Cibalung, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap di sambut sangat gembira oleh para warga terutama anggota kelompok ternak kelinci Gintung Mandiri yang beranggotakan 10 orang.

Sebagian besar para anggota sudah pernah mencoba membudidayakan ternak ini akan tetapi kurang maksimal dalam pemeliharaan dan penjualan dikarenakan belum ada jaringan penyedia bibit dan pasca pemeliharaan.

Jumat (27/05) tepatnya di Dusun Bojonggintung RT 3 RW 5 Desa Cibalung, Relawan Inspirasi RZ menyalurkan program ternak kelinci konsumsi kepada para anggota Kelompok Ternak Gintung Mandiri. Suasana menjadi ramai saat Relawan Inspirasi membawa bibit ternak kelinci sambil menjelaskan kepada para warga tentang keunggulan memelihara kelinci, di antaranya :
1. Pemeliharaan mudah hampir mirip seperti kambing
2. Tingkat reproduksi cukup tinggi, dalam sekali beranak bisa 5 – 7 ekor anak kelinci
2. Pemeliharaan sampai penjualan membutuhkan waktu relatif singkat
3. Harga dan permintaan di pasaran relatif stabil.
4. Daging kelinci dipercaya berkolesterol rendah
5. Kotoran dan air seni kelinci sangat baik untuk pupuk kandang.

Jenis kelinci yang di budidayakan merupakan kelinci pedaging lokal dan silangan dengan kelinci New Zeland, sehingga di hasilkan anakan dengan ukuran besar.

“Dengan didukung sumber pakan melimpah dan keunggulan pemeliharaan ternak kelinci, di harapakan Desa Cibalung menjadi sumber pemasok daging kelinci untuk wilayah Cilacap bagian barat pada khususnya dan wilayah lain pada umumnya.” ungkap Auliya Rohman, Relawan Inspirasi RZ.

Newsroom/Auliya Rohman
Cilacap

Tags :
Konfirmasi Donasi