RELAWAN INSPIRASI RZ BERSAMA WARGA KOMPAK USUNG DESA AGROWISATA

RELAWAN INSPIRASI RZ BERSAMA WARGA KOMPAK USUNG DESA AGROWISATAYOGYAKARTA. Pembedayaan masyarakat merupakan hal yang menjadi fokus RZ untuk mengembangkan potensi ICD RZ. Aspek-aspek yang dapat dikembangkan diantaranya aspek pertanian. Demikian halnya dengan upaya pemberdyaan yang dilaksanakan oleh Relawan Inspirasi di wilayah binaan Desa Serut, Kec Gedangsari, Kab Gunungkidul, DIY pada hari Ahad (06/03).

Dalam rangka mengembangkan Desa Agrowisata Buah, relawan Inspirasi bersama warga masyarakat pengelola kelompok sadar wisata (Kopdarwis) melakukan kegiatan penanaman bibit buah di area lahan desa yang dikelola oleh Kopdarwis. Lokasi lahan berada di Padukuhan Nglengkong, RT 28/RW 06, Desa Serut.

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan datangnya puncak musim hujan yang merupakan momentum baik untuk kegiatan penghijauan. Target jangka panjang dari kegiatan penanaman bibit buah ini kedepan adalah Desa Serut yang merupakan salah satu ICD Binaan RZ ini menjadi Desa Agrowisata.

Sebagai kegiatan penanaman awal, Kopdarwis melakukan penanaman beberapa jenis bibit buah diantaranya mangga, rambutan, durian, petai. Bibit ini berasal dari swadaya masyarakat.

“Kami berharap kedepan ada bantuan dari pihak pemerintah atau investor swasta maupun donatur yang mau turut beramal dalam bentuk bibit pohon untuk kemanfaatan jangka panjang”, ungkap Wawan Relawan Inspirasi yang berdomisili di Desa tersebut.

 

Newsroom/Warnitis

Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi