RELAWAN RUMAH ZAKAT GELAR EKSPEDISI PULAU SUMATERA

RELAWAN RUMAH ZAKAT GELAR EKSPEDISI PULAU SUMATERALAMPUNG. Tim Relawan Rumah Zakat menggelar ekspedisi Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung selama 4 hari, mulai dari tanggal 10-14 Mei 2017. Tim relawan berangkat menuju Lampung pada Rabu, (10/05) dan sampai di lokasi Desa Ketapang, Ngambur, Pesisir Barat pada Kamis, (11/05).

Ekspedisi kali ini mendistribusian sebanyak 1.500 kaleng kornet Superqurban, penyaluran Al Qur’an serta renovasi kamar mandi masjid, seperti pengecatan, pemasangan pipa-pipa, jenset dan jet pump untuk wudhu.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di Desa Ketapang tersebut berlangsung dengan penuh suka cita. Hari pertama tim relawan Rumah Zakat melakukan penyaluran kornet superqurban kepada masyarakat mulai dari pagi sampai sebelum sholat Jumat. Setelah itu, tim relawan melaksanakan sholat jumat dan melanjutkan penyaluran kornet kepada warga. Di sisi lain adapula tim relawan yang berbelanja kebutuhan untuk renovasi kamar mandi masjid.

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) yaitu Saiful, pihak DKM setuju dengan bantuan yang diberikan oleh tim relawan Rumah Zakat dan siap untuk gotong royong bekerjasama untuk mengecatdan memasang kelengkapan di kamar mandi masjid.

Setelah sarapan pagi, Sabtu (13/05) pukul 07.00, tim relawan Rumah Zakat mulai turun ke lapangan untuk melakukan tugasnya, mulai dari mengecat kamar mandi masjid, memasang pintu toilet, membersihkan tandon air, memsang jenset dan jet pump untuk menyalakan kran air untuk berwudhu. Semua berjalan dengan lancar atas kerjasama dan bantuan dari warga sekitar.

Kegiatan dilanjutkan dengan menikmati makan bersama yang diikuti oleh warga sekitar, seperti makan ketela pohon rebus, gatot (makanan tradisional jawa terbuat dari ketela pohon) dan es degan yang diambil langsung dari pohonnya.

Kebanyakan masyarakat Lampung merupakan pendatang dari Jawa, mereka sudah turun temurun tinggal di Lampung. Bahkan sebagian dari mereka tidak pernah tahu berasal dari Jawa mana, karena dari kecil sudah hidup dan tinggal di tanah Sumatera.

“Bersyukur bisa keliling Provinsi Lampung selama 4 hari mulai dari Kota Bandar Lampung kemudian ke lokasi ekspedisi di Pesisir Barat sampai menuju Taman Nasional yang sangat terkenal dengan gajahnya yaitu Taman Nasional Way Kambas. Semoga bisa ekspedisi kembali di pulau Sumatera di tugas selanjutnya. Yang tentunya ke daerah Sumatera yang rasa Sumatera bukan lagi rasa Jawa.” Ungkap Andre Adyana, salah satu tim relawan Rumah Zakat.

Newsroom/Dian Ekawati

Lampung

 

Tags :
Konfirmasi Donasi