RELAWAN RZ GELAR TANAM BAKAU DI SICANANG

RZ LDKO CilegonMEDAN. Hutan Bakau tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat karena memiliki beragam fungsi. Mulai dari wahana bersosialisasi hingga rekreasi yang menyediakan berbagai atraksi atau aktifitas seperti berkano, memancing, mengamati burung, termasuk untuk berkumpul dengan keluarga ataupun sebagai tempat belajar serta penelitian.

Hal tersebut menunjukkan pentingnya pelestarian hutan bakau sebagai langkah mengatasi perubahan iklim yang selama ini hutan bakau di kawasan pesisir tingkat kerusakannya sangat signifikan akan berkontribusi pada emisi gas rumah kaca (GRK).

Menyadari besarnya manfaat melestarikan hutan bakau, para relawan RZ Medan menanam ratusan bibit pohon bakau di Sacanang, Kecamatan Medan Belawan. “Kegiatan ini merupakam bentuk kontribusi kami dalam melestarikan hutan mangrove untuk mencegah rusaknya ekosistem flora dan fauna yang ada di bibir pantai,” tutur Sugi, Relawan RZ Medan. (11/01).

Sugi menambahkan, bahwa pada kenyataannya manfaat Hutan Bakau adalah mencegah abrasi dan intrusi air laut ke darat dan menambah substrat untuk pertumbuhannya, sehingga tanah menjadi stabil. Selain itu, secara Biologis, Hutan Bakau merupakan tempat berlindung, mencari makan serta berkembangbiak bagi biota laut dan secara Ekonomis, Hutan Bakau dapat dijadikan bahan Pulp, Arang, disamping itu dapat tumpang sari dengan empang parit ikan.***

Newsroom/Diki Taufik
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi