RELAWAN RZ WUJUDKAN MASYARAKAT SIAGA BENCANA DI BOGOR

RELAWAN RZ WUJUDKAN MASYARAKAT SIAGA BENCANA DI BOGORBOGOR. Dalam upaya meminimalisir terjadinya sebuah bencana dan sebagai upaya pengurangan dampak dari bencana tersebut, sejak dini perlu dilakukan upaya pencegahan. Upaya pencegahan itu dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya ialah dengan memberikan penjelasan tentang bencana kepada masyarakat.

Sebagai upaya pengurangan resiko bencana tersebut, pada Jum’at (06/05) lalu, Relawan RZ Bogor menggelar sebuah program yakni Program Masyarakat Siaga Bencana.
Kegiatan ini dilaksanakan di kelurahan Cilendek timur RW 10 kecamatan Bogor Barat, kota Bogor.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dari pemuda Karang Taruna, KWT (Kelompok Wanita Tani), Posdaya Cempaka (Pos Pemberdayaan Keluarga) dan warga setempat.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi mengenai Bagaimana Menyiapkan Diri menghadapi Bencana yang disampaikan oleh Hasanah, salah satu relawan RZ.
Dilanjutkan dengan materi berikutnya yaitu mengenai bagaimana seharusnya masyarakat menghadapi keberadaan sampah dan manfaat lubang biopori.

“Sampah jangan dibuang sembarangan karena bisa menyumbat aliran air sehingga mengakibatkan banjir. Pisahkan menjadi tiga kelompok, yaitu sampah organik, an-organik, dan residu agar bisa dimanfaatkan kembali.” papar Hasanah dalam penyampaian materinya.

Seselesainya penyampaian seluruh materi, warga kemudian diajak untuk turun langsung dalam pembuatan lubang biopori yang dengan pemeriksaan kesehatan gratis.

Newsroom/Anto
Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi