RONA NUSANTARA : INDAHNYA BERBAGI DI KAMPUNG LELES, DESA SAWARNA

BANTEN. (29/11) Rumah Zakat kembali menyelenggarakan program Rona Nusantara angkatan ke-7 yang berlokasi di Kampung Leles, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 24-26 November 2017 dan diikuti oleh 14 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia melalui Wonderfull Indonesia, program Rona Nusantara bertujuan untuk mengeksplorasi keindahan alam Indonesia di wilayah terpencil yang memiliki potensi pariwisata. Selain itu, Rona Nusantara juga memiliki konsep Sharing and Travelling, sehingga para peserta tidak hanya dimanjakan dengan keindahan alam, tetapi diajak untuk berbagi dengan masyarakat di Kampung Leles.

Kegiatan di hari pertama, para peserta mengunjungi SDN 2 Sawarna untuk melakukan Bakti Pendidikan berupa pemberian kelas motivasi dan outbond kepada 154 siswa. Setelah kakak-kakak perona memberikan kelas motivasi kepada para siswa di kelasnya masing-masing, saatnya siswa SDN 2 Sawarna bermain game di halaman sekolah. Para siswa tampak antusias mengikuti jalannya acara, terlebih ketika di akhir acara panitia memberikan bingkisan sekolah kepada seluruh siswa.

Setelah mengunjungi SDN 2 Sawarna, kegiatan selanjutnya adalah bakti sosial berupa Gema Bersih Hati dan Siaga Sehat. Sekitar pukul 13.00 WIB, para perona membersihkan Masjid Nurul Falah dan menyalurkan bantuan berupa Al Quran, sajadah, karpet dan material bilik kamar mandi umum untuk warga Kampung Leles.

Selain itu, rangkaian kegiatan Rona Nusantara lainnya adalah Siaga Sehat. Para warga di Kampung Leles, Desa Sawarna mendapatkan pelayanan kesehatan gratis mulai dari pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, dan pemberian makanan tambahan. “Alhamdulillah, akhirnya nenek bisa berobat. Udah lama nenek punya sakit sesak nafas. Mau pergi berobat jauh, nenek mah gak kuat di perjalanannya. Terima kasih bantuannya, semoga dibalas Allah,” ungkap Jarsiti (75), salah satu penerima manfaat.

Kegiatan hari pertama diakhiri dengan Bioskop Desa yang menampilkan kreativitas anak-anak Kampung Leles berupa pencak silat dan nonton film bersama warga sekitar. “Kegiatan hari ini seru banget, meskipun semalamnya kami lelah karena perjalanan yang jauh, tapi kita tetap semangat untuk berbagi bersama adik-adik dan warga di sini,” ujar Gadis Permata Sari, peserta asal Palembang.

Newsroom / Lailatul Istikhomah

Banten 

Tags :
Konfirmasi Donasi