RUMAH QURAN DAN RUMAH BELAJAR JADI SOLUSI KENAKALAN REMAJA DI DESA SUKAMAJU

TANJUNG TIRAM.(27/09) Rumah Belajar merupakan Program Rumah Zakat yang bertujuan untuk bisa mengedukasi serta ensupport pendidikan warga di desa dalam bentuk non formal. Di Bulan Juli lalu Rumah Belajar yang berada di Desa Suka Maju Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara ini mengalami perubahan, kini Rumah Belajar ini lebih fokus terhadap Pemberantasan Buta Huruf bagi anak anak yang sulit membaca dan juga tidak pandai berhitung, baik itu jenjang SD, SMP maupun SMA, masyarakat juga boleh berpatisipasi dalam kegiatan Rumah Belajar.

Tak hanya Rumah Belajar saja, di Desa Suka maju yang merupakan salah satu desa berdaya Rumah Zakat juga didirikan Rumah Quran. Tujuannya selain untuk memberantas buta quran, Rumah Quran juga bertujuan untuk menmbah wawasan anak anak desa melalui tadabur Quran.

“Kedua Program Kegiatan baik Rumah Belajar dan Rumah Quran dihadirkan untuk bisa mengedukasi anak anak di Desa Suka Maju dengan harapan selain menambah wawasan ilmu pengetahuan juga bisa memperbaiki akhlaq dari anak anak tersebut. Karena banyak kenakalan kenakalan yang semakin lama semakin menjadi jadi khususnya di Desa Suka Maju” ujar Fasilitator Desa Berdaya Suka Maju, Ahmad Fauzi.

Kegiatan Rumah Belajar dilaksanakan setiap hari minggu, sementara kegiatan Rumah Quran dilaksanakan setiap hari di PKBM Al Furqon. di Rumah Quran anak – anak desa Suka maju Tidak hanya tilawah saja, anak anak juga diwajibkan untuk Murojaah serta belajar tajwid dasar.

“Alhamdulillah Rumah Belajar sudah memiliki 24 anak anak yang mengikuti kegiatan ini secara pekanan. Sedangkan Rumah Quran sudah memiliki lebih kurang 28 anak yang aktif mengikuti program rumah quran. Dan harapannya kedepannya jumlah ini semakin bertambah sehingga menjadikan generasi muda di Desa Suka Maju menjadi Remaja dan Anak Anak yang Kreatif, Smart dan berpikiran Maju serta Religius” tutur Ahmad Fauzi.

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi