RUMAH ZAKAT BANTU PERKUAT UMKM DENGAN BANTUAN MODAL USAHA DI MASA PANDEMI

(Foto: Rumah Zakat)

SUMEDANG, RUMAH ZAKAT – Untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah Covid-19, Rumah Zakat meluncurkan Bantuan Modal Program Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) untuk warga masyarakat terdampak Covid-19. Modal usaha tersebut disalurkan Kepada UKM diwilayah Desa Cibugel Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang, Selasa (16/6).

Relawan Rumah Zakat, Nandar Sutisna mengatakan paket program bantuan yang diberikan berupa penyaluran dana modal usaha, pendampingan bagi UMKM, yang tahapannya dilaksanakan secara berjenjang dan akan dimonitor perkembangannya ke masing-masing mitra binaan untuk menilai efektifitasnya.

“Saat ini Rumah Zakat Salurkan bantuan modal usaha kepada 2 orang pemuda binaan rumah zakat yang bergerak dalam bidang UKM, program ini selain dari menanggulangi krisis terdampak Covid-19 program inipun merupakan program lanjutan yang selama ini telah berjalan,” ungkap nandar.

Nandar mengungkapkan, selama ini Rumah Zakat telah menjalankan bantuan modal usaha kebeberapa UKM di Desa Cibugel yang merupakan binaanya, selain dari itu telah terbentuknya sebuah Pra Koprasi yang diberi nama BUMMas Berdaya Insani, maka dari itu program saat ini masih merupakan program lanjutan dari program sebelumnya.

Adapun tahap saat ini disalurkan kepada UMKM para pemuda yang memang usaha dibidangnya, untuk pengembangannya dibantu dengan program bantuan modal usaha ini.

“Diharapkan dengan Progam Bantuan Modal Usaha ini, UMKM memiliki kesempatan kembali dalam meningkatkan usahanya dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdaya di tengah pendami Covid-19 yang sedang melanda dunia,” kata Nandar.

Demi berjalannya program ini maka akan dilakukan pendampingan serta pemberian pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang kembangnya usaha. Salah satunya akan dibekali pengetahuan praktis mengenai manajemen usaha, pembukuan, dan strategi pemasaran dengan bisnis online. Pada tahapan coaching dan mentoring akan dilakukan bersama dengan praktisi yang handal di bidangnya.

Dadan Wardana, salah seorang penerima manfaat mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang sangat peduli dengan pelaku usaha kecil di tengah wabah virus corona yang membuat UMKM terpukul. Memang selama pandemi ini usahnya tidak lagi berjalan dikarenakan berbagai hal, mulai dari terkendala pemasaran hingga pada modal yang terpakai untuk keperluan sehari-hari. Dengan adanya bantuan modal usaha ini Dadan berharap usahanya dapat kembali berjalan sedia kala pasca pandemi covid-19.

“Alhamdulillah Rumah Zakat Memberikan Bantuan Modal Usaha sehingga usaha saya dapat berjalan kembali, memang disaat pandemi covid-19 UKM seperti saya sangat terdampak, tentunya dengan adanya program bantuan modal usaha dari Rumah Zakat sangat membantu dan memberikan angina segar harapan baru untuk UKM agar segera bangkit,” ungkap Dadan.

“Terima Kasih Rumah Zakat, yang selalu peduli kepada kami, semoga Rumah Zakat Semakin Sukses dan semoga usaha yang saya jalankan dapat berjalan sesuai dengan harapan, semoga berkah. Amiin,” Tambahnya.

Newsroom

Nandar Sutisna/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia