RUMAH ZAKAT BERSAMA CITA SEHAT RESMIKAN KP ASI

TANGERANG. Selasa (12/12) pagi, Rumah Zakat bersama Cita Sehat meresmikan KP ASI (Kelompok Pendamping ASI) di Desa Mekarsari, Kec.Rajeg, Kab Tangerang. Peresmian dihadiri oleh Kepala Dinas Kabupaten Tangerang, Camat Rajeg, Kepala Puskesmas Rajeg beserta tim, Lurah Mekarsari, Kepala Pemberdayaan Rajeg, perwakilan bidan desa, para anggota KP ASI serta warga setempat.

“Pergerakan atau pembentukan KP ASI ini diawali dengan program 1.000 HPK atau Hari Pertama Kelahiran. Kondisi saat ini, Saya melihat masih banyak warga yang belum memberikan ASI Ekslusif dan rendahnya pemahaman masyarakat akan manfaatnya. Sehingga terbentuklah KP ASI ini di tanggal 13 Mei 2017,” tutur Gozali, Public Health Cita Sehat Tangerang.

Gozali menambahkan bahwa diirnya bersama tim fasilitator pemberdaya dari Rumah Zakat mengajak para kader untuk sama-sama membina para ibu untuk memberikan ASI Ekslusif kepada anak-anak mereka minimal selama 2 tahun.

“Ibu-ibu banyak yang bekerja di sana, sehingga tidak dapat memberikan ASI kepada anak mereka secara maksimal. Di sinilah peran kita memberikan pembiasaan dan pemahaman kepada seorang Ibu untuk senantiasa menyediakan ASI Ekslusif secara 6 bulan dan membiasakannya. Ada cara agar ASI Eksklusif selalu tersedia bagi seorang bayi. Selain itu, memberikan ASI pada malam hari untuk seorang bayi dapat memberikan manfaat yang baik kepada anak juga ibunya,” jelas Gozali.

Kegiatan KP ASI berlangsung setiap 1 bulan sekali dengan agenda pertemuan yaitu diskusi dan penyuluhan kesehatan. Anggota KP ASI sejak Mei 2017 berjumlah 15 orang hingga kini saat peresmian mencapai angka 60 orang.

“Alhamdulillah, ikut kelompok pendamping ASI semakin bertambah ilmu, teman serta pengalaman. Semoga bisa istiqamah dan makin banyak inovasi program dalam kelompok ini, ” tutur Wahyuni (28), anggota KP ASI.

 

Newsroom/ Nurul Hidayat
Tangerang

Tags :
Konfirmasi Donasi