[:ID]RUMAH ZAKAT GENCARKAN SOSIALISASI PENCEGAHAN CORONA[:]

[:ID]

Rumah Zakat berikan edukasi dan sosialisasi bahaya corona kepada warga, Jum’at 20 Maret 2020. (Foto: Rumah Zakat)

SUMBAWA, Rumah Zakat – Virus Corona telah ditetapkan sebagai Pandemi Global oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO. Wabah ini menyebar di 110 lebih negara, bahkan menyebabkan beberapa negara melakukan lock down. Di indonesia sendiri, sudah ada 309 pasien positif Corona, 19 diantaranya meninggal dunia.

Dalam rangka mengantisipasi wabah yang telah ditetapkan sebagai darurat nasional ini, Rumah Zakat melaksanakan kegiatan bagi-bagi hand sanitizer dan sosialisasi tentang virus corona kepada Ibu-ibu Majlis Taklim Kelurahan Uma Sima, Jum’at 20 Maret 2020.

Iksan Imanuddin, Relawan Rumah Zakat di Kelurahan Uma Sima memberikan sedikit gambaran tentang apa itu virus corona. Iksan menjelaskan bahwa corona menular melalui sentuhan terhadap benda yang terinfeksi virus tersebut.

“Virus Corona dengan nama Resmi Covid 19 ini tidak ditularkan dengan terbang di udara tetapi masuk lewat mulut, hidung dan mata kita, ketika mengusap tangan akibat menyentuh suatu benda yang menempel virus tersebut atau percikan liur ketika seseorang yang positif terinfeksi Covid 19 bersin lalu mengenai mulut, hidung dan mata kita,” kata Iksan.

Lebih lanjut, iksan juga mengajak agar masyarakat bisa lebih menjaga diri dan menjaga kesehatan terutama sering mencuci tangan.

“Yang bisa kita lakukan adalah bagaimana menjaga diri kita dengan sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer saat kita di luar. Maka penting bagi kita menghindari keramaian, melakukan sosial distancing. Sosial Distancing maksudnya kita berdiam diri di rumah untuk mengurangi kontak dengan orang lain ataupun saat bertemu dengan orang lain kita menjaga jarak minimal 1,5 meter. Karena kita tidak tahu apakah kita atau orang lain yang sudah terinfeksi, supaya kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 ini,” jelasnya.

Newsroom

Yos Kusnedi/Amri Rusdiana[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia