RUMAH ZAKAT KUATKAN PEREKONOMIAN PETANI MELALUI PEMBENTUKAN BUMMAS

(Foto: Rumah Zakat)

GARUT, RUMAH ZAKAT –  Desa Berdaya Situgede merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. Desa ini memiliki potensi yang cukup baik khususnya untuk dijadikan usaha pertanian palawija dan sayuran.

Selain karena lokasinya yang cukup dekat dengan gunung, kesuburan tanah desa tersebut juga baik. Maka tidak heran, mayoritas penduduk di desa tersebut berprofesi sebagai petani.

Selain itu, satu tahun yang lalu penduduk desa juga diberdayakan oleh Rumah Zakat melalui program budidaya domba. Adapun jumlah domba yang sudah terkumpul mencapai 90 domba dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 12 orang.

Untuk memperkuat kegiatan pemberdayaan di Desa Situgede, Relawan Rumah Zakat besama warga setempat melakukan pertemuan untuk menyepakati pembentukan Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) yang diberi nama tani Sejahtera. Pertemuan dilaksanakan di rumah ketua kelompok Dedih Mukarom Kamppung Cilintung, Kamis (23/7).

Harapannya dengan BUMMas ini, para petani/peternak bisa saling menguatkan perekonomian yang dijalankan secara bersama-sama.

“Disini kami berkeluarga, bertetangga, bahkan satu iman, tentunya harus saling mendukung dan menguatkan, kalau ada kesulitan tentunya tidak akan orang jauh yang akan menolong, pasti orang terdekat,” ungkap Dedih Mukarom.

Newsroom

Yanto Sugih/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia