RUMAH ZAKAT PEDULI BANJIR TANAH HABANG, BANJARMASIN

BANJARMASIN. Jumat siang (16/03) Relawan Rumah Zakat tiba di lokasi banjir di desa Tanah Habang, kecamatan Mataraman, Banjarmasin. Pada saat Relawan tiba, kondisi air di desa Tanah Habang RT 04 sudah mulai surut. Saat banjir, ketinggian air hampir mencapai satu setengah meter lebih, namun rumah warga yang terendam hanya sekitar 10 hingga 20 centimeter saja, karena rumah warga hampir semuanya berbentuk panggung.

Penyebab banjir dikarenakan curah hujan yg tinggi di daerah pegunungan meratus, dikaki gunung ini mengalir sungai beberapa kawasan di Kabupaten Banjar.

Beruntung dua hari terakhir tidak terjadi hujan lebat di daerah hulu sungai, sehingga air sungai berangsur surut.

Karena kondisi air sudah surut warga sibuk membersihkan rumahnya masing – masing, ada sekitar 45 kepala keluarga yang terdampak banjir dengan beragam ketinggian, mulai dari sedang hingga tinggi.

“Ada sekitar 35 buah rumah yang terdampak banjir. Namun untungnya tidak terlalu lama, dan air pun sekarang berangsur surut,” ucapn ketua RT 04 desa Tanah Habang, Paino.

Paino pun menambahkan jika seandainya kondisi air tak kunjung surut hingga lebih tiga hari maka akan diadakan posko siaga oleh BPBD kab. Banjar, dan akan di dirikan dapur umum tapi beruntung air cepat surut.

Tim Relawan langsung berkoordinasi dengan perangkat desa setempat dan meminta data warga yang terdampak cukup parah untuk diberikan paket bantuan.

Ada 45 paket bantuan yang disalurkan, paket bantuan berisikan bahan sembako dan alat kebersihan juga kornet Superqurban.

Usai mendapatkan data, dengan di dampingi ketua RT, Tim Relawan langsung mendistribusikan bantuan ke rumah – rumah warga terdampak.

“Terimakasih, bantuannya sangat berguna, alat kebersihan saat ini sangat kami perlukan untuk membersihkan rumah,” ujar Muhammad Arsyad, salah seorang warga penerima bantuan.

Newsroom
Izzatul Yazid / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi