RZ BANGUN WATER WELL DI DESA TUGU KAMPUNG LAHAN CADANGAN

RZ BANGUN WATER WELL DI DESA TUGU KAMPUNG LAHAN CADANGANBOGOR. Tahapan pembangunan Water Well di Desa Tugu Utara dalam program sharing happiness RZ saat ini sudah hampir rampung. Pembangunan MCK ini dilakukan secara bertahap mulai dari pembuatan pondasi, pembuatan dinding, pemasangan lantai keramik, pemasangan atap dan pengecatan tembok yang dimulai sejak akhir April 2016 lalu. Saat ini proses pembangunan sudah sampai tahap pengecatan dinding bagian dalam.

Water Well yang dibangun sebanyak 8 ruangan terdiri dari 4 WC, 3 Kamar Mandi, dan 1 Pos. Water Well ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar mengingat selama ini masyarakat Desa Tugu belum memiliki sanitasi yang layak. Selain itu, lokasi Desa Tugu yang tepat berada di kaki Gunung Kecana Bogor ini menjadi tempat peristirahatan para pendaki gunung yang melewati wilayah tersebut di akhir pekan.

Selain pembangunan MCK juga dilakukan perbaikan dan pembangunan turbin. Keberadaan turbin bagi masyarakat Desa Tugu menjadi hal yang vital, mengingat saat ini belum masuknya listrik ke wilayah tersebut, maka warga hanya bisa mengandalkan listrik yang dihasilkan dari turbin air yang didapat dari swadaya masyarakat. Namun karena kondisi turbin mengalami kerusakan, pasokan listrik pun sudah tidak ada lagi.

Pembangunan sarana listrik berupa turbin dilakukan oleh warga dan relawan RZ secara bergotong royong. Pembuatan turbin memanfaatkan mesin yang telah dimodifikasi yang diletakkan di sungai yang tidak jauh dari pemukiman, yaitu sekitar 600 m.

Sungai tersebut dipilih karena memiliki debit air cukup deras untuk membangkitkan listrik, selain itu sungai tersebut tidak pernah surut karena alirannya dari sumber mata air pegunungan. Namun untuk mengantisipasi apabila musim kemarau dan debit air kecil, maka warga membuat sistem bendungan di salah satu anak sungai dan membuat aliran ke bawah, sehingga air akan terus mengalir walaupun musim kemarau.

Turbin ditempatkan pada sebuah rakitan kayu yang diusahakan dapat menopang mesin sebagai turbin pembangkit listrik. Pengerjaan turbin dapat diselesaikan dalam jangka waktu lima hari sejak tanggal 30 April – 04 Mei 2016.

“Relawan RZ cabang Bogor menjadikan ekspedisi kali ini menjadi sebuah pengalaman yang membanggakan, serta momen bersama anak-anak dan warga setempat yang sulit terlupakan. Pembangunan MCK dan turbin sebagai pembangkit listrik ini, diharapkan dapat sangat membantu para warga setempat. Harapan untuk warga Kampung Lahan Cadangan yaitu, semoga mendapatkan kehidupan yang lebih layak serta masa depan anak-anak yang lebih baik.” papar Aribah Marathul Athifah, Relawan RZ Bogor.

 

 

Newsroom/Aribah Marathul Athifah

Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi