RZ BERIKAN PELATIHAN TAKAKURA UNTUK WARGA ICD MANGGAR

RZ LDKO CilegonBALIKPAPAN. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Mandiri Daya Insani (MDI) bersama dengan RZ cabang Balikpapan mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik dengan metode Takakura di Posyandu RT 06 Batakan, wilayah Integrated Community Development (ICD) Manggar, Balikpapan Timur.

Kegiatan ini melibatkan ibu-ibu warga RT 6 di Jalan Pemuda, Batakan, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur. Dalam pelatihan tersebut diajarkan bagaimana memanfaatkan sampah organik rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk organik yang dapat menyuburkan tanaman. Caranya yaitu dengan mengumpulkan sampah organik rumah tangga di keranjang Takakura, kemudian ditambahkan dengan dedak dan sekam yang telah di campur cairan fermentasi untuk menguraikan sampah.

“Metode ini cocok di terapkan untuk pengolahan sampah rumah tangga, selain membantu pemerintah kota untuk mengatasi masalah sampah, kompos yang di hasilkan juga bermanfaat untuk menyuburkan tanaman di pekarangan. Sebab menurut penelitian, pupuk organik lebih baik dari pada pupuk kimia buatan pabrik,“ ungkap Salmah, pelatih Takakura dari Balai Lingkungan Hidup kota Balikpapan.

Pelatihan Takakura diadakan sebagai langkah awal pembentukan program kampung Gizi yang rencananya akan dibuat di RT 6 ini. “Semoga dengan pelatihan Takakura ini dapat memantik semangat para warga agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan membuka kesadaran mereka tentang pemanfaatan sampah rumah tangga.,” tutup Salmah.***

Newsroom/Mandiri Daya Insani
Balikpapan

Tags :
Konfirmasi Donasi