RZ BERSAMA CITA SEHAT FOUNDATION INISIASI DUSUN BEBAS ASAP ROKOK

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Sebagai komitmen dalam mewujudkan program Desa Sehat, tokoh Masyarakat Dusun Karet yang difasilitasi oleh Cita Sehat Foundation member of RZ akan meluncurkan Dusun Bebas Asap Rokok (25/01). Data survey sebelumnya yang dilakukan kepada 451 KK di Dusun Karet ini menyebutkan bahwa 90% perokok aktif menginginkan merokok diluar rumah. Sebanyak 100% warga Karet sepakat jika ada aturan tidak merokok didalam rumah. Juga sepakat untuk adanya kawasan bebas asap rokok dan iklan anti rokok di dusun Karet.

Dusun Karet berkomitmen untuk menjadi Desa Sehat melalui beragam program seperti Kebun Gizi, Bank Sampah, Dusun Ramah Lansia dan yang terbaru ialah Dusun Bebas Asap Rokok.

Branch Manager Cita Sehat Fondatin cabang Yogyakarta, Ratna Kusumaningsih mengatakan, “Suatu yang luar biasa ketika pemangku kebijakan lokal dan segenap warganya berkomitmen untuk hidup sehat. Prosesnya tentu tidak mudah juga. Untuk program Bebas Asap Rokok ini coba kami fasilitasi dengan edukasi kesehatan kepada perokok aktif dan warga umumnya”.

ratna menambahkan, bahwa pihaknya berusaha dengan paparan iklan peringatan bebas asap rokok yang dipasang disudut-sudut dusun. Pihaknya juga bersyukur atas kesadaran pemangku kebijakan dan warga terbukti dengan adanya program ini.

Dusun ini sebelumnya sukses meraih Juara 1 MDG’s Award Kategori Nutrisi. Program Kebun Gizi Mandiri ini dikelola oleh Ibu-Ibu Kader Kesehatan Dusun Karet Kelurahan Pleret Kecamatan Pleret Bantul. Untuk mendukung program nutrisi dan gizi, sudah ada 3 sister farm (kebun gizi replika) di beberapa dusun. Dengan program ini, menjadikan masyarakat lebih gemar makan sayur dan buah dari hasil kebun gizi sendiri.***

Sumber : http://citasehat.org/komitmen-sehat-tanpa-asap-rokok-launching-dusun-bebas-asap-rokok/#prettyPhoto

Tags :
Konfirmasi Donasi