RZ DUKUNG GERAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN

RZ LDKO CilegonBANDUNG. “Ayo cuci tangan pakai sabun!”, kata-kata yang sebetulnya hal yang biasa di ucapkan oleh seorang ibu kepada anaknya. Kalimat sederhana tersebut memiliki dampak yang luar biasa, hasil riset menunjukkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dapat mencegah tingkat kejadian penyakit infeksi menular seperti diare hingga 50 persen dan ISPA hingga 45 persen. Mencuci tangan merupakan perilaku yang perlu proses pembiasaan. Sebaiknya kebiasaan mencuci tangan dibiasakan sejak kecil sehingga akan membuat anak terbiasa untuk mencuci tangan.

Tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Hal tersebut merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

RZ bersama Cita Sehat Foundation serta dibantu oleh fasilitator dari FKEP Universitas Padjadjaran dalam rangka Global Handwashing day melakukan kegiatan edukasi mencuci tangan dan membagi kan sabun kepada kader dan peserta posyandu di 5 ICD Kota Bandung. Respon warga sangat positif, di ICD Cibangkong di hadiri ketua PKK, Pokja IV dan Ibu Sofi selaku Lurah, beliau menyampaikan. “Terima kasih untuk bantuannya, kegiatan seperti ini sangat baik dan diharapkan dapat dilakukan secara rutin di setiap posyandu”.

Berikut ini adalah waktu yang dianjurkan untuk mencuci tangan pakai sabun seperti sebelum & setelah menyiapkan makanan, terutama apabila bahan makanannya mentah (ikan atau daging mentah), sebelum makan, setelah mengganti popok anak, setelah bersin, batuk atau meniup hidung, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh binatang atau kotorannya, setelah menyentuh sampah, sebelum dan setelah mengobati luka dan sebelum dan sesudah menyentuh orang yang sakit atau terluka.***

Newsroom/Diki Taufik
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi