RZ JAKARTA BARAT PERINGATI HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA 2014

RZ LDKO CilegonJAKARTA. Acaman bahaya rokok di indonesia mengancam indonesia, kemudahan masyarakat untuk dapat mengases rokok bahkan sudah dapat dilakukan oleh anak di bawah umur. Banyaknya iklan rokok tidak hanya dijalan-jalan umum di kota tetapi berada di gang-gang kecil.

Untuk melindungi masarakat dari ancaman bahaya rokok itu, RZ bersama Cita Sehat Foundation melakukan peringatan HTTS 2014 (29/05) diberbagai kota di seluruh Indonesia, edukasi kepada masyarakat dilakukan agar masyarakat menjadi sadar bahwa ancaman bahaya asap rokok berada disekeliling mereka.

Seperti yang dilakukan masyarakat Duri Kepa-Jakarta Barat. bersama RZ, masyarakat melakukan gerakan Duri Kepa Sehat Bebas Asap Rokok. Dengan salah satu kegiatannya yaitu menukar batang rokok dengan buah, ratusan batang rokok dari warga yang merokok ditukarkan dengan buah. Hal ini diharapkan dapat mngedukasi masyarakat untuk bisa mengalihkan biaya untuk membeli rokok untuk hal yang lebih bermanfaat dan menyehatkan.

“Kadang masyarakat sering beranggapan untuk membeli buah dan sayur itu mahal, akan tetapi jika untuk membeli rokok mereka mampu. Dan bahkan dalam 1 hari mereka dapat menghabiskan dua bungkus rokok. Hal ini berbanding terbalik ketika mereka mengatakan jika membeli buah setiap hari itu mahal.” Tutur Patrick Harpon, Program Head Kesehatan RZ.

Lanjutnya “kita harus merubah mindset atau paradigm masyarakat bahwa membeli buah dan sayur itu mahal, dan meberikan pemahaman bahwa biaya untuk membeli rokok bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih berguna”.

Dengan adanya peringatan Hari tanpa Tembakau Sedunia 2014 ini, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya rokok lebih meningkat, selain itu untuk mendorong pemerintah agar dapat melindungi masyarakat dari bahaya rokok dengan mengeluarkan peraturan pemerintah tentang rokok.***

Newsroom/Patrik Harpon
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi