RZ KIRIM RELAWAN BANTU PENGUNGSI PERANG SURIAH

rz-kirim-relawan-bantu-pengungsi-perang-suriahREPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Lembaga Filantropi Rumah Zakat (RZ) akan memberangkatkan relawan guna melaksanakan misi kemanusiaan membantu pengungsi perang Suriah. Rencananya RZ mendistribusikan bantuan seperti tenda pengungsian, makanan darurat, dan makanan bayi.

CEO RZ, Nur Effendi mengatakan rencananya relawan RZ akan berangkat Senin (19/12). Rombongan relawan akan mencoba masuk lewat perbatasan Turki lantaran belum bisa langsung masuk ke Suriah. Menurutnya, hal itu memerlukan pendekatan terhadap otoritas terkait agar diperoleh izin masuk Suriah.

“Karena kita belum bisa langsung masuk ke Suriah langsung, kita akan coba memasuki perbatasan melalui Turki,” katanya, Ahad (19/12).

Bantuan bagi warga Suriah nantinya tak hanya bersifat logistik, RZ juga ingin menginisiasi sekolah bagi anak-anak Suriah. Selain itu, RZ juga hendak memberi bantuan mobil ambulance.

“Kami ingin menginisiasi sekolah senyum untuk anak-anak dan bantuan ambulance seperti yang pernah kami lakukan saat terjadi serangan di bulan Mei 2016 lalu, karena banyak warga yang memerlukan perlakuan medis agar evakuasi bisa lebih optimal,” ujarnya.

Tak hanya itu, RZ menginisiasi program Emergency Food Truck yang direncanakan mampu memproduksi bahan pangan. Selanjutnya bahan pangan itu bisa didistribusika ke berbagai pos dan wilayah pengungsian.

“Bulan Mei 2016 lalu, kami juga mendistribusikan paket makanan khususnya bagi anak-anak yatim dan perempuan yang berhasil keluar dari zona perang Suriah di pengungsian Reyhanli, di perbatasan Turki dan Suriah. Semoga kali ini kami bisa memberikan lebih tak hanya untuk pengungsi di perbatasan, tapi juga bisa masuk ke wilayah konflik secara langsung,” ujarnya.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/12/18/oidf5r382-rumah-zakat-kirim-relawan-bantu-pengungsi-perang-suriah

Tags :
Konfirmasi Donasi