RZ LATIH WARGA SANGKRAH TEKNIK HIDROPONIK

RZ LDKO CilegonSOLO. Pola hubungan masyarakat yang sudah terbina akhlak, moral, budi pekerti dan agama akan menciptakan suatu keharmonisan dan keseimbangan dalam kehidupan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah ini, RZ melalui ReIawan Inspirasi melakukan program pembinaan masyakat. Pada bulan Agustus ini pembinaan meliputi pembinaan bagi anak-anak penerima beasiswa, orang tua penerima siaga gizi balita, kajian parenting, senam ibu hamil, pelatihan hidroponik dan senam warga.

Kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan sepanjang bulan Agustus. Warga desa Sangkrah begitu antusias saat diberikan penyuluhan tentang menanam dengan cara hidroponik. Hidroponik merupakan teknik bercocok tanam tanpa memerlukan tanah. Teknik ini dilatar belakangi dengan semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.

Prinsip dari teknik ini ialah di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi. Dalam konteks ini fungsi dari tanah adalah untuk penyangga tanaman dan air yang ada merupakan pelarut nutrisi, untuk kemudian bisa diserap tanaman. Pola pikir inilah yang akhirnya dibawa oleh Relawan Inspirasi untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi masyarakat.

Devi Afriyanti mengatakan, masyarakat desa Sangkrah khususnya para penerima manfaat serta pembinaan masyarakat sangat berterima kasih karena telah memilih Sangkrah lingkungan IV dan V (RW 10, 11, 12 dan 13) sebagai desa binaan RZ. Dengan adanya penyaluran program RZ di Sangkrah, diharapkan dapat membawa kampung ini menjadi lebih baik dari segi keagamaan maupun sosial kemasyarakatannya.

”Terima kasih banyak RZ, atas inisiatif dan kerjasamanya dalam mengadakan pembinaan dan penyuluhan bagi warga Sangkrah.” Sukini, Ibu RW 11 dan aktifis Ibu-Ibu di lingkungan RW 11.***

Newsroom/Diki Taufik
Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi