RZ PANTAU PEMULIHAN KORBAN GEMPA DI ACEH

rz-pantau-pemulihan-korban-gempa-di-acehREPUBLIKA.CO.ID, PIDIE JAYA — RZ akan memantau pemulihan korban gempa Pidie Jaya hingga tuntas. Nantinya pemantauan sekaligus dibarengi pendampingan agar korban bisa kembali hidup mandiri.

CEO RZ, Nur Effendi mengatakan bantuan makanan, medis dan sekolah darurat sudah disalurkan RZ sejak gempa berlangsung pada 7 Desember lalu. Adapun mengenai bantuan senilai 3,5 Miliar rupiah yang dikucurkan Pemprov Jabar, Bank BJB, dan Baznas, menurutnya akan digunakan bagi pembangunan kawasan binaan di Masjid Darul Ihsan. Masjid itu sudah hancur akibat gempa lalu sehingga butuh dibangun ulang.

“Sudah ngobrol dengan Aher dan BJB ini jadi kawasan binaan jadi proses pemulihan terus jalan. Jadi satu area nanti ada masjid, sekolah, pesantren,” katanya pada Republika, Senin (19/12).

Bahkan pihak RZ menjanjkan adanya pendampingan baik dari segi psikologis dan ekonomi supaya masyarakat bisa menjalankan aktivitas secara normal kembali. Pasalnya ia mengakui warga korban gempa kerap tertekan secara psikologis. Belum lagi jika mereka kehilangan mata pencaharian maka akan sulit menata hidup kembali.

“Akan coba tumbuhkan ekonomi masyarakat lewat program pemberdayaan. RZ akan tempatkan satu orang untuk pembinaan disini jadi tidak hanya pemulihan sebatas fisik tapi kemandirian secara psikologis dan ekonomi juga perlu,” ujarnya.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/wakaf/16/12/19/oifeq0313-rumah-zakat-pantau-pemulihan-korban-gempa-di-aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi