RZ SALURKAN BANTUAN KE LOKASI KELAPARAN

RZ Penyaluran bantuan melalui pemerintah Dusun Belatung, Desa Tanjung LokangPONTIANAK. Rabu (26/11), RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan ke lokasi kelaparan di Dusun Belatung, Desa Tanjung Lokang, Kec. Putussibau Selatan, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Bantuan berupa 400 paket kornet Superqurban, 300 kg beras. Bantuan diserahkan kepada pemerintah desa setempat.

Dusun Belatung terletak di sekitar Sungai Kapuas. Sebanyak 23 kepala keluarga yang terdiri dari 95 jiwa tinggal di dusun tersebut. Krisis pangan yang terjadi di dusun tersebut disebabkan oleh gagal panen karena kemarau yang berkepanjangan.

“Kondisi masyarakat di sana sangat menyentuh jiwa kemanusiaan. Anak-anak sekolah sampai harus ijin sekolah agar dapat membantu orangtuanya mencari makanan. Saat ini mereka memakan sagu dan ubi kayu yang jumlahnya terbatas untuk dapat bertahan hidup,” ungkap Branch Manager RZ cabang Pontianak, Asrul Putra Nanda.

Untuk dapat ke Dusun Belatung, warga harus menuju Desa Tanjung Lokang terlebih dahulu menggunakan longboat. Longboat ini lalu melintasi Sungai Kapuas yang dipenuhi riam dan jeram. Bahkan di beberapa titik, longboat harus ditarik atau dipikul utuk dapat melewati jeram.

Dari Desa Tanjung Lokang perjalanan dilanjutkan ke Dusun Belatung dengan berjalan kaki melewati beberapa perbukitan selama dua hari. Perjalanan dapat juga dilakukan melalui sungai dengan riam dan jeram yang berbahaya.

Alhamdulillah, kurban yang dijadikan kornet Superqurban oleh RZ dapat terus bermanfaat, meski masa kurban telah berakhir. Kornet ini telah membantu banyak masyarakat di daerah rawan pangan, terpencil dan terdepan di seluruh Indonesia,” ujar Asrul.***

Newsroom/Sari A Rahmawati

Pontianak

Tags :
Konfirmasi Donasi