RZ SALURKAN BANTUAN UNTUK 35.231 ORANG KORBAN BENCANA

RZ Pltihan kerajinan tngan bg pgungsi bncana gn Sinabung hasilkan 542 pcs bros cantikBANDUNG. Sepanjang 2014, RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan untuk 35.231 orang korban bencana. Aksi tersebut dilakukan di 18 daerah yaitu Medan, Jakarta, Tangerang, Cikarang, Bekasi, Subang, Indramayu, Pekalongan, Kudus, Semarang, Banyumas, Solo, Jogja, Surabaya, Kediri, Malang, Jombang, dan Manado.

Aksi siaga bencana yang dilakukan yaitu evakuasi, posko dapur umum, aksi siaga sehat, aksi siaga gizi, penyaluran makanan, obat-obatan, logistik, toilet portable, sanitasi dan trauma healing. Penerima manfaatnya adalah para korban erupsi Sinabung, banjir, tanah longsor, gempa bumi dan erupsi Kelud.

Saat ini RZ tengah melakukan Aksi Bantu Sinabung dan Kelud. Di Sinabung, para relawan juga melakukan pemberdayaan ekonomi para pengungsi melalui program Pelatihan Skill Produktif. “Kami membuat dekorasi ruangan dari sabun dan bros dari bahan flanel,” ujar Oki, Relawan RZ di posko pengungsian Sinabung, Selasa (18/02).

Oki menambahkan, Relawan RZ telah membuat bazar di salah satu sekolah di Medan untuk mempromosikan produk tersebut. Selain itu, Relawan RZ dan para pengungsi juga berkesempatan membuka stand di event 1st Anniversary Sedekah Bareng. “Kami tidak memberi patokan harga jual produk kami. Setiap orang dapat memiliki produk kami dengan memberikan infak sesuai kemampuan mereka,” terangnya.

RZ senantiasa menciptakan inovasi dalam memberikan bantuan kepada para pengungsi. “Jika para pengungsi membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar menerima sumbangan, maka kami lakukan itu,” ujar Herlan Wilandarian Syah, Koordinator RZ.***

Newsroom/Sari A Rahmawati
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi