RZ SIGAP BANTU KORBAN BENCANA BANJIR SUMBAWA

RZ SIGAP BANTU KORBAN BENCANA BANJIR SUMBAWASUMBAWA. Hujan deras yang melanda Sumbawa pada Rabu (08/02) sekitar pukul 07.00 WITA mengakibatkan lebih 5.000 rumah di empat kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, terendam banjir.

Adapun jumlah warga yang terdampak banjir mencapai 5.823 kepala keluarga (KK) atau 22.701 jiwa. Banjir tersebut diakibatkan karena meluapnya air sungai pada saat hujan deras yang diperparah dengan air laut yang pasang, sehingga sampai sekarang saja banjir sulit surut.

Menyikapi hal tersebut Relawan RZ Sumbawa melakukan beberapa respon yakni penyaluran logistik untuk warga terdampak banjir. “Hari ini (08/02) tim Relawan RZ sebanyak 4 orang melakukan penyaluran 250 nasi bungkus dan beberapa logistik di pos pengungsi Masjid Agung Sumbawa Besar, sekaligus melakukan koordinasi dan assessment untuk aksi lanjutan.” ujar Repi selaku Koordinator Relawan RZ Sumbawa.

Pantauan kondisi pada Kamis (09/02) di RT 11 dan 12 RW 03 Desa Kakiang Kec. Moyo Hilirbelum menunjukan adanya tanda-tanda surut hingga saat ini. Pengungsi pun mulai ramai memadati Masjid Agung Sumbawa Besar. “Selain itu, pantauan Relawan RZ di daerah RT 11 & 12 Rw 03 Desa Kakiang Kec Moyo Hilir banjir masih tinggi dan belum ada tanda – tanda banjir surut” ujar Repi menambahkan.

Sejauh ini kebutuhan darurat yang dibutuhkan di lokasi bencana diantaranya air minum, air bersih,  makanan siap saji, selimut dan perlenkapan kebersihan.

Newsroom/Sandy
Sumbawa

Tags :
Konfirmasi Donasi