SAMPAH JADI SUMBER PENGHASILAN TAMBAHAN BAGI WARGA DESA CITANGKIL

RZ LDKO CilegonCILEGON. Jalur terdekat dengan pusat kota yang merupakan jalur usaha perdagangan merupakan salah satu penyebab meningkatnya produksi sampah setiap hari selain itu juga kebiasaan warga yang membuang sampah sembarangan dan tidak adanya pengolahan sampah hanya sebatas pembakaran menjadikan sampah tidak di manfaatkan kembali dengan baik, sampah yang menumpuk berdampak pada keasrian dan kesehatan lingkungan. Permasalahan akan sampah ini sedang terjadi di Desa Citangkil yang berada di sebelah barat berbatasan dengan Kebon Sari kota Cilegon.

Sejak tahun 2012 RZ menetapkan Desa Citangkil sebagai wilayah ICD (Integrated Community Development). RZ menganalisa dan membuat program-program yang terekomendasi sebagai pengembangan Desa Citangkil. Menyelesaikan persoalan sampah, tahun 2014 RZ bersama Mandiri Daya Insani (MDI) sebagai mitra mengusulkan sebuah program kepada warga yaitu Program Bank Sampah.

Untuk mendukung kegiatan Program Bank Sampah, Petugas RZ dan MDI mengadakan penyuluhan lingkungan, pelatihan milah sampah, dan pelatihan kerajinan dari sampah. Setiap akhir pekan warga mengumpulkan sampah-sampah yang telah dipilah dan ditimbang di lokasi salah satu rumah warga yang menjadi tempat Bank Sampah, dengan setiap berat kiloan sampah yang ditimbang menjadi nominal uang bagi warga. Uang tersebut menjadi tabungan yang dapat digunakan oleh warga atau dapat digunakan langsung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Member bank sampah di Desa Citangkil sampai saat ini sudah mencapai 100 orang, dan 10 warga desa mengikuti pelatihan kerajinan dari sampah. Program Bank Sampah telah mengalami perkembangan secara signifikan, mulai dari terjawabnya permasalahan dasar menumpuknya sampah di Desa Citangkil semakin berkurang dan bertambahnya penghasilan warga dari sampah yang mereka kumpulkan.

Program ini tentunya tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dari warga, serta kontribusi dari donatur RZ. Dalam pengolahan dana, RZ menyalurkan dengan konsep pemberdayaan pada warga. Sehingga dana yang disalurkan menjadi lebih bermanfaat. RZ mengajak kepada donatur yang ingin berkontirbusi dalam mengembangkan desa-desa wilayah ICD sebagai wilayah binaan RZ, salah satunya Desa Citangkil.***

Newsroom/Yadi Mulyadi
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi