SANTRI PTJ SOLO HIDUPKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL

SANTRI PTJ SOLO HIDUPKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONALSOLO. Santri Pondok Tahfidz Juara (PTJ) Rumah Zakat Solo hidupkan kembali permainan tradisional. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini jarang sekali menemukan anak-anak yang masih bermain permainan tradisional, seperti layaknya permainan yang dimainkan pada zaman nenek moyang kita terdahulu.

Permainan tradisional zaman dahulu yang dimainkan oleh nenek moyang kita mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan. Sayang, anak-anak di era abad ke-21 ini jarang memainkannya, terlebih bagi mereka yang tinggal di kota.

Rabu (12/04), santri PTJ Rumah Zakat Solo bermain rambatan. Sebuah permainan tradisional yang perlu adanya kebersamaan dalam memainkannya. Permainan rambatan mempunyai aturan yang mengharuskan semua peserta berjalan dari titik awal menuju titik tujuan dengan berpegangan pada pepohonan. Kelompok akan selamat apabila kompak secara bersamaan memegang tumbuhan dan tidak terlepas dari genggaman yang mengakibatkan ditangkapnya oleh lawan.

Banyak sekali manfaat dari permainan tradisional. Salah satunya, dengan memainkan permainan tersebut, diharapkan santri PTJ memiliki nilai sportifitas yang tinggi. Selain itu, Kemampuan fisik akan terlatih sejak dini jika melakukan permainan tradisional. Dan yang tidak kalah penting, permainan tradisional memberikan nilai dan pembelajaran untuk menumbuhkan sikap gotong royong dan kerjasama.

Newsroom/Dian Ekawati

Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi