UN_SD_JUara di 8 KotaBANDUNG. Ujian Nasional (UN) SD dan MI tahun 2013 resmi digelar  Senin (6/5) hingga Rabu (8/5). Proses ujian kali ini berlangsung selama 3 hari dengan 3 mata pelajaran yang diujikan yaitu: Bahasa Indonesia pada hari pertama, Matematika pada hari kedua, dan IPA pada hari ketiga.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh mengutarakan secara umum naskah soal UN SD sudah siap sampai di lokasi ujian, karena pendistribusian dilakukan oleh pihak provinsi. “Kami yakin di seluruh provinsi UN SD ini sudah ‘on schedule’,” ungkapnya. Tak terkecuali Siswa/i Sekolah Dasar Juara binaan Rumah Zakat yang tersebar di 8 kota besar yaitu: Bandung,  Cimahi Jakarta, Pekanbaru, Medan, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang juga sama-sama ikut serta dalam proses UN kali ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta menjelaskan soal UN untuk SD memang hanya satu tipe karena dianggap sejalan dengan tujuan program wajib belajar 9 tahun. “Itu (satu tipe soal) adalah hal wajar karena disesuaikan dengan tahap psikologis dan kapasitas siswa SD,” jelasnya. Ia juga mengatakan, standar nilai rata-rata untuk kelulusan UN SD adalah 5,5. “Namun, penentuan kelulusan siswa-siswa SD ini tetap akan diserahkan kepada pihak sekolah,” ujarnya.***

Newsroom/Diki Taufik Sidiq
Bandung