SD JUARA PEKANBARU BELAJAR DI ALAM TERBUKA

PEKANBARU, Selasa (15/10) – Pelajaran pemanfaatan sumber daya alam merupakan salah satu materi pelajaran tema yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas 4 SD Juara Pekanbaru.

Tema ini sangat menarik, karena peserta didik diharapkan dapat membedakan sumber daya alam yang dihasilkan berasal dari pertanian, perkebunan, peternakan serta perikanan. Dalam pembelajaran di kelas, peserta didik sudah dikenalkan tentang apa-apa saja yang bisa dimanfaatkan manusia terhadap sumber daya alam yang ada disekitarnya.

Secara teks tentu ini sudah dipahami oleh peserta didik, namun agar pembelajaran ini dapat dirasakan langsung oleh peserta didik untuk melihat sumber daya alam yang ada disekitarnya, maka Bu Dian selaku wali kelas 4 beserta peserta didik melaksanakan kegiatan outing bertema alam yaitu di Asia Farm.

Di sini, peserta didik dapat melihat langsung hewan hewan yang ada di peternakan seperti kambing, kuda, ayam kalkun, bebek, entok, burung dan juga bisa melihat kelinci di hutan kelinci.  Ada juga museum susu yang memberi informasi tentang jenis jenis sapi di dunia. Selain itu juga peserta didik bisa melihat jenis jenis tumbuhan pertanian seperti padi, tebu, jagung, labu, buah markisa, dll.

Di ujung jalan terdapat juga kolam ikan yang peserta didik bisa melihat ikan dari dekat karena airnya yang jernih.  Aisyah salah satu peserta didik mengatakan bahwa outing kali ini begitu berkesan karna bisa melihat langsung jenis hewan dan tumbuhan yang ada. Kegiatan di luar kelas juga merupakan salah satu metode belajar yang bisa digunakan agar peserta didik lebih semangat dan antusias dalam belajar.

Newsroom

Dian Kartina / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi