SEBAR 2.500 BENIH LELE, RUMAH ZAKAT AJARI REMAJA MASJID WIRAUSAHA

KEBUMEN. Relawan Rumah Zakat, Amad Syarifudin memberikan bantuan modal wirausaha kepada Forum Remaja Masjid Baitussalam Blater, Poncowarno Kebumen. Sejak sekitar sebulan lalu, sebanyak 2.500 benih ikan lele disebar di kolam terpal ukuran 3x3x0,8 meter.

“Di awal kami berikan bantuan modal berupa bibit dan pakan lele untuk remaja masjid. Diharapkan ini dapat memberikan aktivitas yang positif bagi remaja di Blater dengan mengajarkan mereka untuk berwirausaha. Selain itu, hasil dari budidaya lele ini diharapkan bisa mensupport kegiatan-kegiatan remaja masjid, sehingga ke depan remaja masjid dapat lebih mandiri dalam hal pendanaan” ungkap Syarifudin.

Budidaya lele ini dikelola oleh remaja. Untuk memberikan pakan, dibuat jadwal secara bergiliran. “Sistemnya kami buat giliran ngasih makan lele. Sehari 3 kali, pagi, siang dan malam” imbuh Syarifudin

Salah satu penerima manfaat mengaku sangat senang dengan program yang digulirkan oleh Rumah Zakat, “Saya senang dengan adanya program wirausaha dari Rumah Zakat ini, saya bisa belajar beternak lele. Selain itu juga memberikan kegiatan positif bagi anak muda” ungkap Mugi, remaja yang mendapatkan jadwal memberikan pakan Kamis (27/7) siang.

Menurut Syarifudin, harapan kedepannya lele tidak langsung dijual ke tengkulak, tetapi akan mencoba diolah menjadi suatu produk. “Kemarin kita sudah latih remaja putri untuk produksi abon lele. Masih butuh latihan dan pengembangan lagi. Saya bercita-cita, ke depannya lele tidak langsung dijual ke tengkulak, melainkan diolah menjadi produk terlebih dahulu, misalnya abon lele, nugget lele, keripik kulit lele, dan lain-lain,” tambah Syarifudin di akhir wawancara.

Newsroom/Dian Ekawati

Kebumen

Tags :
Konfirmasi Donasi