SEMARAK PEMBENTUKAN BANK SAMPAH DI WILAYAH ICD CITANGKIL

RZ Cilegon22CILEGON. Dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, RZ cabang Cilegon menggulirkan program Kampungku Berseri (Bersih, Sehat dan Asri), pembentukan Bank Sampah  di wilayah Integrated Community Development Citangkil.  Semua pihak bergerak dalam penangan sampah dengan adanya pembentukan Bank Sampah, karena selama ini sampah menjadi problem lingkungan.

Sebagai bentuk kepedulian dan menciptakan lingkungan yang asri khususnya di wilayah ICD Citangkil Kota Cilegon, RZ bekerjasama dengan IPEBE (Ikatan Pemuda Tegalcabe) telah membentuk Bank Sampah pada awal Februari yang bertempat di Link.Tegalcabe RT 3/2 sebagai pusat di lingkungan RW 2 dan kini dibuka Bank Sampah Unit 2 di Link. Tegal Cabe RT 2/2 Citangkil sebagai koordinatornya adalah Ketua RT 2 Supar Widianto.

Bank Sampah ini buka setiap hari Sabtu dan Minggu, pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB. yang berpusat di Area Rumah Ketua RW 2. Setiap Bank sampah buka tidak pernah sepi dari para nasabah untuk menabung sampah. RZ menggelar program pilah sampah dan pembagian karung untuk sampah dan stiker kepada para nasabah bank sampah warga Tegal Cabe Citangkil, Sabtu (15/2).

Program pilah dan bank sampah ini, selain untuk menjadikan lingkungan lebih asri juga dapat menjadi tambahan pendapatan untuk para warga setempat. Yakni berupa tabungan yang nantinya bisa dipergunakan saat menjelang hari raya ataupun tabungan lainnya dan tecatat sudah mencapai 75 orang yang sudah berkontribusi menjadi nasabah bank sampah dalam program Kampung Berseri ini.

Program ini bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat akan lingkungan, juga dapat membuat aktivitas menjadi lebih produktif dan mandiri. Nantinya sampah basah rencananya akan dibuang ke TPS, tetapi untuk ke depannya sampah basah rencananya akan dikumpulkan kemudian dijadikan pupuk kompos untuk tanaman. Sedangkan sampah kering akan dikumpulkan dan dijual ke pengepul sebagai penghasilan tambahan warga.***

Newsroom/Humaedi
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi