SENAM LANSIA: THINK POSITIVE AND DO POSITIVE DI USIA SENJA

KULON PROGO. Pikiran adalah adalah muara kesehatan, sedangkan kesehatan adalah kunci utama menjalani hari agar selalu berfikir positif, ceria dan bermanfaat. Inilah yang menjadi landasan para lansia walau diusia senja namun tetap aktif ikut dalam kegiatan kemasyarakatan. Jatimulyo Ahad (10/3), disaat yang lain masih sibuk dengan pekerjaan rumah tak begitu dengan ibu – ibu lansia disekitar dusun Sokomoyo dan sekitarnya. Bertempat di Balai Inspirasi Desa Berdaya ZIS Indosat Jatimulyo Kulon Progo para lansia berdatangan sejak pukul 5.30 pagi. Ini adalah agenda rutin setiap minggu sekali yaitu Senam Lansia.

Senam yang dipandu oleh para kader posyandu ini biasanya diikuti oleh sekitar 60 an peserta, dimulai pukul 5.45 sebagai salah satu eksistensi kegiatan dihari tua juga sebagai wadah untuk saling mempererat persaudaraan, menjaga komunikasi yang baik dan wadah untuk bertemu dan berbagi bersama lansia. Karena bagaimanapun juga banyak permasalahan dalam kehidupan sehari – hari para lansia akan mempengaruhi kesehatan mereka. Namun jika selalu dipenuhi keceriaan dan kebahagiaan bersama orang – orang disekitarnya tentu akan mempengaruhi kesehatan hati dan fikiran setiap orang.

Bersamaan dengan kegiatan senam lansia tersebut relawan inspirasi menyalurkan alat cek kesehatan yang diperuntukkan untuk posyandu lansia. Karena selama ini peralatan kesehatan masih belum memadai padahal sangat diperlukan untuk pengecekan keseharian lansia mengingat letak puskesmas yang cukup jauh dari desa berdaya Jatimulyo.

“Ibu tambah semangat mengikuti kegiatan,” ucap bu Surat selaku ketua Posyandu Lansia Sekar Sari.

Dan akhirnya matahari pagi membersamai ibu – ibu pulang kerumah masing – masing dengan suka cita.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi