SENYUM MANDIRI SUPPORT PETANI SAYUR DI GROBOGAN

GROBOGAN. Awal musim hujan menjadi hal yang dinantikan banyak orang, begitu juga para petani. Dengan datangnya musim hujan para petani punya harapan besar untuk memulai masa tanam, baik tanaman palawija maupun tanaman lainnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari apa yang dirasakan para petani di kampung Ngumbuk Desa Sendangharjo Karangrayung, Grobogan. Para petani memulai menanam jagung yang menjadi komoditas unggulan di kampung tersebut, namun beberapa petani ingin menambah daftar baru tanaman yang akan dijadikan produk unggulan yakni sayuran.

Sayuran yang akan ditanam adalah jenis sayur seperti cabai, sawi, kacang panjang, bayam, kangkung, dan lainnya. Namun yang akan dijadikan prioritas adalah tanaman cabai, karena pada masa tanam sebelumnya sudah dilaksanakan dengan sinergi senyum lestari Rumah Zakat.

Program awal ini dijadikan uji coba tanam untuk jenis tanah dan pelaksanaan program ini mendapat dampingan dari pihak Honda Indonesia Surabaya (alat pertanian), Lilik Ardiansyah. Ia siap mendampingi kelompok petani untuk memulai tanaman cabai dari program bottom up Rumah Zakat bersama MTN.

“Alhamdulillah dengan adanya Relawan Inspirasi dari Rumah Zakat bisa membantu tuk terbentuknya kelompok tani sayur di kampung ini. Semoga kami bisa menjadikan kampung ini sentra atau pusat penghasil cabai dan sekaligus dapat meningkatkan perekonomian warga”, kata bapak Rahim selaku ketua kelompok sekaligus ketua rw 01 Desa Sendangharjo, pada Minggu (24/09).

 

 

Newsroom/Dani Suhardi
Grobogan

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi