SIAP BERSAING DI ERA DIGITAL, RUCIQU DAN MELODY OPTIMALKAN MEDIA SOSIAL

CILACAP. Kamis (20/07) di siang terik mentari sangat menyengat, nampak pemandangan keseharian anggota KUBE di Rumah Inspirasi Desa Berdaya Mujur, Kec.Kroya Kab Cilacap.

Mereka yang tengah sibuk menyiapkan, mengemas RuciQu (Rujak Cireng KesukaanQu) untuk dikirim ke luar kota, kali ini mereka sedang menyiapkan pengiriman ke Kota Batu Malang, Panongan-Tangerang dan Ke Riau.

RuciQu adalah makanan unik yang terbukti banyak penggemarnya. Terbuat dari bahan baku tepung Aci, makan ini sangat lezat di hidangkan hangat-hangat. Di lengkapi dengan bumbu rujak yang segar, menambah enak rasanya dilidah para penggemar. Selain itu, di rumah inspirasi juga terlihat ada yang sedang mengukur serta memilih bahan kain untuk dijadikan pakaian muslimah yang bernama Melody Stuff.

Kedua usaha ini adalah produk binaan Rumah Zakat Desa Mujur.Selama ini, kegiatan produksi seringkali di lakukan di Rumah Inspirasi karena selain rumahnya dekat dengan rumah para anggota KuBe. Keseharian para anggota KuBe selain membantu di dapur produksi juga bekerja sebagai Admin Online Shop yang di bimbing secara langsung oleh Asih Sholihah selaku Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat Desa Mujur.

Setiap hari Asih membimbing mereka untuk bisa beriklan di media sosial, baik di Facebook, Instagram, WhatsApp, ataupun media lainnya seperti Marketplace shopee, Bukalapak & Tokopedia. Satu persatu orderan dari para anggota KuBe mulai terlihat, menandakan mereka telah berhasil menerapkan ilmu yang didapat.

Untuk produk Melody Stuff juga sudah mulai terlihat progresnya. Orderan terakhir 10 set gamis plus jilbab telah dikirim ke Kalimantan. Sekarang sedang menggarap orderan gamis pengantin dan gamis pesta untuk di kirim ke Singapore.

“Kita semua adalah marketing. Kita semua harus ikut andil dan bersemangat dalam pemasaran produk-produk kita, entah dengan media apapun caranya, mau offline maupun online. Alhamdulillah ‘ala kulli hal, pengiriman RuCiQu dan Melody Stuff sudah go International, tentu bukan hal yang mudah, tetapi bukan hal yang mustahil juga untuk terus diperjuangkan” tutur Asih.

Asih menilai, bisnis keduanya sangat prospektif kedepannya. Kube ini pun menyisihkan sedikit dari hasil penjualan untuk kegiatan Charity berupa Paket Sembako Murah sebanyak 100paket.

“Semoga semakin menambah keberkahan bagi Rumah Zakat dan semua penerima manfaat yang merasakan manfaatnya,” tambah Asih.

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi