SINERGI WARGA BUKIT RAYA BERSAMA RZ SUKSES KELOLA SAMPAH LEBIH BERNILAI

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Bank Sampah Simpatig Jaya terletak di Jl. Dwi Utama Raya RT 1/15 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya. Bank sampah ini dirintis sejak 17 Februari 2014 lalu oleh ICD Fasilitator RZ. Walau terbilang baru, bank sampah Simpatig Jaya ini mendapat respon yang cukup baik dari warga Bukit Raya.

Dengan jumlah partisipan hanya 23 orang, bank sampah Simpatig Jaya berhasil menggerakan warga untuk melestarikan lingkungannya melalui pilah sampah. Sampah basah dijadikan kompos dengan sistem kerajang takakura. Sedangkan sampah kering dibagi dua jenis, yang dapat dijual langsung dan yang diolah kembali.

Sampah kering yang dijual langsung terdiri dari plastik kemasan minuman, kardus, dan kaca. Sedangkan sampah yang diolah kembali menjadi aneka barang prakarya diantaranya kemasan kopi instan, kemasan minyak goreng, perca kain, tutup botol, dan koran bekas. Hasil kerajianan tangan tersebut bernilai ekonomis dan dapat membantu menambah keuangan keluarga para anggota kelompok bank sampah.

“Alhamdulillah dengan program bank sampah ini, kami lebih berdaya dan bisa memanfaatkann langsung limbah rumah tangga dan tentunya menambah pendapatan keluarga kami, terima kasih donatur,” tutur Ibu Nur selaku ketua kelompok bank sampah Simpatig Jaya.

Hasil dari daur ulang sampah tersebut, diikutsertakan dalam pameran di Pekanbaru Ekspo pada 24 sampai dengan 30 Agustus dan 21 sampai dengan 27 September 2014 lalu. Respon dari masyarakat umum pun cukup baik dengan adanya kegiatan ini.***

Newsroom/Mandiri Daya Insani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi